Rabu 07 Oct 2020 17:44 WIB

Barcelona Telah Empat Kali Bujuk City Lepas Garcia

Koeman harus puas dengan barisan bek tengah yang dimilikinya saat ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bek Manchester City Eric Garcia (kiri).
Foto: Adrian Dennis / Pool via AP
Bek Manchester City Eric Garcia (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kendati telah memiliki empat bek tengah, tapi pelatih Barcelona Ronald Koeman masih belum puas dengan pilihan pemain di jantung pertahanan La Blaugrana pada musim ini. Namun, pelatih asal Belanda itu akhirnya harus puas dengan barisan bek tengah yang dimilikinya saat ini.

Pasalnya, manajemen Barcelona gagal memboyong bek tengah anyar hingga jendela transfer pemain Eropa musim panas kali ini ditutup pada Senin (5/10). Pada sepanjang bursa tranfer pemain, Barcelona terus digadang-gadang tengah mengincar bek tengah Manchester City, Eric Garcia.

Baca Juga

Sinyal kepindahan bek tengah berusia 19 tahun itu pun kian kuat lantaran pelatih City, Pep Guardiola, mengungkapkan, Garcia tidak akan memperpanjang kontraknya bersama City.

Kontrak jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, bersama City itu tinggal tersisa satu tahun lagi, atau bakal berakhir pada 2021 mendatang. Namun, berbagai upaya yang dilakukan Barcelona dalam membujuk the Citizens untuk melepas Garcia berakhir dengan kegagalan.

Seperti dilansir Marca, Blaugrana setidaknya telah melayangkan empat kali penawaran kepada City di sepanjang bursa transfer musim panas kali ini.

''Terakhir, kedua klub bernegosiasi pada Senin (5/10) pagi waktu setempat. Dalam negosiasi tersebut, Barcelona menaikkan tawaran transfer dengan nilai total mencapai 15 juta euro. Namun, tawaran tersebut masih belum memuaskan City. Akhirnya, negosiasi yang berjalan di sepanjang bursa transfer musim panas ini resmi berakhir,'' tulis laporan Marca, Selasa (6/10).

Pada Sabtu (3/10), Barca sempat memberikan penawaran kepada City. Dalam tawaran tersebut, tim asal Katalan itu memutuskan meningkatkan besaran bonus yang dapat diterima City terkait kepindahan Garcia. Total bonus ini dikabarkan mencapai 10 juta euro. Namun, dalam tawaran itu, Barcelona menurunkan nilai transfer menjadi lima juta euro.

''Penawaran ini merupakan peningkatan dari dua tawaran sebelumnya. Dalam dua tawaran itu, Barca siap menebus Garcia dengan nilai transfer mencapai delapan juta euro, ditambah berbagai bonus dengan total mencapai dua juta euro. Namun, tawaran ini tetap ditolak City,'' tulis laporan Marca.

City dikabarkan bersikeras dengan banderol transfer bek tengah timnas Spanyol tersebut. The Citizens hanya mau melepas Garcia dengan nilai transfer tidak kurang dari 20 juta poundsterling. Kendati gagal mendapatkan Garcia pada bursa transfer musim panas kali ini, tapi Barcelona memiliki kesempatan menjalin kesepakatan dengan pra-kontrak dengan Garcia pada Januari mendatang. Hal ini terkait dengan kontrak Garcia yang akan habis pada pertengahan tahun depan.

Sebelumnya, Koeman sempat mengaku tertarik melihat Garcia berada di skuat Barcelona pada musim ini. Terlebih, pelatih asal Belanda itu mengaku belum puas dengan komposisi bek tengah Blaugrana. ''Kami menginginkan pemain itu (Garcia), karena saat ini kami memiliki tiga atau empat bek tengah. Namun, di posisi tersebut, kami terasa masih ada yang kurang,'' ujar Koeman seperti dilansir Marca, akhir pekan lalu.

Saat ini, Barcelona memiliki empat bek tengah, yaitu Clement Lenglet, Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Ronald Araujo. Dari empat bek tersebut, Umtiti menjadi pemain yang dikabarkan masuk dalam daftar jual Blaugrana. Bek tengah asal Prancis itu disebut-sebut tidak masuk dalam skema permainan yang diusung Koeman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement