Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

China: AS Harus Hentikan Mentalitas Perang Dingin

Rabu 07 Oct 2020 16:19 WIB

Red: Nur Aini

Bendera Cina-Amerika

Bendera Cina-Amerika

Foto: washingtonote
China menuduh Menlu AS menciptakan konfrontasi politik dengan Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China mengatakan bahwa Amerika Serikat harus menghentikan serangan dan tuduhan yang tidak beralasan terhadap China, seraya menuduh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dengan jahat menciptakan konfrontasi politik dan mencoreng Beijing.

"Pompeo telah berulang kali mengarang kebohongan tentang China dan dengan jahat menciptakan konfrontasi politik," kata kedutaan besar China di Jepang dalam sebuah pernyataan, Selasa (7/10).

Baca Juga

Pada hari yang sama, Pompeo mengunjungi Jepang dan menyerukan kerja sama yang lebih dalam dengan Australia, India, dan Jepang untuk melawan pengaruh regional China yang berkembang.

"Kami sekali lagi mendesak AS untuk meninggalkan mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis, menghentikan tuduhan dan serangan yang tidak beralasan terhadap China, dan memperlakukan hubungan dengan China secara konstruktif," kata kedutaan China.

Kunjungan Pompeo di Asia Timur, yang pertama dalam lebih dari setahun, bertepatan dengan ketegangan yang memburuk dengan China. AS dan China, dua ekonomi top dunia, berselisih mengenai berbagai masalah mulai dari penanganan virus corona oleh Beijing hingga penerapan undang-undang keamanan baru di Hong Kong dan ambisinya di Laut China Selatan.

Seruan Pompeo agar empat negara yakni AS, Jepang, India, dan Australia untuk membentuk front persatuan melawan pengaruh China yang semakin meningkat adalah subjek sensitif bagi sekutu regionalnya, yang bergantung pada China untuk perdagangan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA