Rabu 07 Oct 2020 12:40 WIB

Efek Domino di Balik Kegagalan MU Boyong Dembele

Dembele enggan memperpanjang kontrak dengan Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Winger Barcelona, Ousmane Dembele.
Foto: EPA/Andreu Dalmau
Winger Barcelona, Ousmane Dembele.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Nama Ousmane Dembele muncul sebagai kandidat utama dalam upaya Manchester United (MU) mencari pemain sayap anyar pasca kegagalan merekrut Jadon Sancho dari Borussia Dortmund. Selain dinilai lebih murah dibanding mendatangkan Sancho, winger Barcelona itu juga dianggap cukup mumpuni menyajikan persaingan di tim utama United.

Terlebih, Barcelona selaku klub pemilik Dembele juga membutuhkan suntikan dana segar guna mendatangkan penyerang asal Belanda Memphis Depay dari Olimpique Lyon. Depay rencananya akan diplot untuk menggantikan Luis Suarez yang hijrah ke Atletico Madrid usai mengakhiri kontraknya bersama Blaugrana.

Baca Juga

Namun, alih-alih mendatangkan Dembele dengan status permanen seperti yang diinginkan Barcelona, United justru mau mendatangkan winger asal Prancis itu dengan status pemain pinjaman. Dalam negosiasi terakhir antara kedua klub, Barcelona mau sedikit melunak dan siap melepas Dembele sebagai pemain pinjaman. Syaratnya, MU mesti membayarkan gaji Dembele selama satu musim secara penuh, ditambah dengan sejumlah nilai kompensasi peminjaman. Syarat ini kabarnya siap dipenuhi oleh United. Semua kesepakatan dalam negosiasi ini terjadi pada hari terakhir jendela transfer pemain Eropa, Senin (5/10) waktu setempat.

Kendati begitu, meski kedua klub telah mencapai kata sepakat, tapi kepindahan winger berusia 23 tahun itu ke United ternyata tetap berujung kegagalan. Hal ini tidak terlepas dari upaya Barcelona memperpanjang kontrak mantan winger Rennes tersebut. Saat ini, kontrak Dembele di Barcelona baru akan berakhir pada 2022.

"Masalahnya muncul saat Barcelona meminta Dembele untuk memperpanjang kontraknya, setidaknya hingga 2023 mendatang. Barcelona sepertinya tidak mau kehilangan posisi tawar saat Dembele kembali dari masa peminjaman. Bukan tidak mungkin, Dembele memiliki catatan penampilan dan performa impresif selama memperkuat United," tulis laporan Daily Mail, Rabu (7/10) WIB.

Apabila Dembele mampu tampil apik bersama Setan Merah dan tinggal menyisakan satu tahun di kontraknya dengan Blaugrana, maka Barcelona tidak memiliki posisi yang kuat untuk meningkatkan nilai transfer Dembele. Kondisi ini yang ingin dihindari tim asal Katalunya pada akhir masa peminjaman winger timnas Prancis tersebut.

Dembele ternyata menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Barcelona tersebut. Dengan begitu, kepindahannya ke United akhirnya gagal, begitu pula dengan transfer Depay ke Barcelona. Sebab, manajemen Blaugrana tidak memiliki dana transfer yang cukup untuk bisa memboyong Depay ke Camp Nou.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement