Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Deretan Kontroversi Rihanna yang Bikin Geram Umat Muslim

Rabu 07 Oct 2020 05:41 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Rihanna.

Rihanna.

Penyanyi Rihanna kembali membuat tersinggung umat Islam

VIVA – Penyanyi Rihanna menuai kritikikan tajam dari umat muslim terkait fashion show Savage X Fenty di New York baru-baru ini. Kritikan terhadap Rihanna itu lantaran dia memakai lagu yang mengandung narasi dari hadis Islam untuk mengiringi model lingerie berlenggak-lenggok di catwalk.

Baca Juga: Rihanna Dikecam, Gelar Fashion Show Lingerie Pakai Lagu Berisi Hadis

Selama pertunjukan Fenty, yang mana merupakan brand fesyen Rihanna, terdengar lagu Doom berkumandang. Lagu yang diproduseri oleh London Coucou Chloe tersebut menyuguhkan audio remix dari narasi hadis tentang tanda-tanda hari penghakiman.

Namun, kritikan terhadap Rihanna yang menyinggung umat muslim ini bukanlah yang pertama. Berikut ini sejumlah kontroversi Rihanna lainnya yang menuai kritikan keras dari umat muslim.

Baca Juga: Rihanna Dituduh Lecehkan Islam, Netizen Singgung Kiamat

1. Berkunjung ke Masjid di Abu Dhabi

Rihanna

Pada tahun 2013 lalu, Rihana mengunjungi Masjid Grand Sheikh Zayed, Abu Dhabi dan menuai komentar negatif. Meski tampil dengan pakaian dan hijab tertutup berwarna hitam, penyanyi lagu Diamond itu menuai kontroversi karena dianggap tidak memenuhi syarat dan aturan yang ditetapkan manajemen terkait kesucian masjid seperti berpose secara tidak layak atau duduk dengan posisi kurang sopan.

Dalam pernyataannya, pengelola Masjid Grand Sheikh Zayed, mengatakan bahwa masjid tetap menjadi salah satu pusat utama untuk agama, pengetahuan dan budaya di UEA. Pihaknya juga menyebut pintu masjid selalu terbuka untuk pengunjung dari semua agama dan latar belakang, baik untuk menghargai arsitekturnya, nilai atau sebaliknya.

Namun, meski masjid mengizinkan pengunjung untuk tur dan mengambil foto, mereka meminta mereka melakukannya dengan cara yang sesuai, dan tidak merendahkan sifat religius di lokasi tersebut. Menurut pernyataan tersebut, Rihanna juga itu tidak membuat pengaturan dengan manajemen masjid sebelum melakukan kunjungan pribadinya.

2. Menggunakan model berhijab

Rihanna.

Rihanna memasukkan model berhijab Halima Aden dalam peluncuran merek kosmetiknya, Fenty Beauty pada 2017. Dia juga mempromosikan kacamata hitam Fenty tahun lalu dengan model berhijab. Netizen juga sempat berkomentar negatif terhadapnya.

"Sangat mengganggu bagaimana Rihanna dan timnya menggunakan seorang gadis berjilbab muslim dalam menampilkan 50 lini makeup mereka, tetapi bahkan tidak bisa meluangkan waktu untuk benar-benar mendidik diri mereka sendiri tentang agamanya!" komentar netizen.

3. Dituduh menggunakan atribut muslim

Rihanna.

Rihana juga sempat menuai komentar negatif saat peluncuran pakaian dalam Savage X Fenty tahun lalu yang menampilkan sejumlah model wanita, termasuk model Palestina-Amerika. Bella Hadid, dengan rambut tertutup dengan cara yang beberapa diartikan mirip dengan hijab.

"Saya tidak bisa membiarkan Rihanna memiliki izin yang sesuai dengan Islam seperti untuk pertunjukan pertamanya. Para model mengenakan syal di kepala mereka dan itu tampak seperti HIJAB dan pertunjukan keduanya dia menggunakan lagu yang me-remix sebuah HADIS. Mengapa tidak ada yang membicarakan hal ini. Agama saya bukanlah estetika kalian semua," kata netizen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA