Rabu 07 Oct 2020 01:28 WIB

Produsen Essential Oil Kebanjiran Order Saat Pandemi

Essential Oil dipercaya dapat memberikan khasiat untuk kesehatan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Darjeeling.
Foto: shopee
Darjeeling.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pandemi Covid-19 ternyata tak selamanya berdampak negatif. Ada satu efek samping positif dari merebaknya penyakit yang disebabkan oleh virus Corona tersebut.

Salah satunya, masyarakat semakin peduli terhadap gaya hidup sehat. Terbukti dari semakin banyaknya masyarakat yang diet makanan sehat dan beragam jenis olah raga, hingga detoks menggunakan bahan alami.

Baca Juga

Penggunaan essential oil adalah salah satunya. Saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan minyak alami tersebut sebagai upaya untuk menjaga kesehatan.

Menurut Owner Darjeeling, Ratu Shofura dan Ditektur Utama Darjeeling, Monica Petronela, essential oil adalah minyak yang dieskstrasi dari tanaman tertentu hingga memberikan aroma yang khas. Minyak ini dipercaya dapat memberikan khasiat untuk kesehatan.

Saat ini, kata Monica, penggunaan essential oil kian meroket dan banyak diminati oleh masyarakat. Hal itu terungkap dalam tayangan inspiratif Cerita JONI pada Kamis, 1 Oktober 2020, di kanal youtube JNE.

Monica mengatakan, saat pandemi ini mereka bahkan sampai kewalahan memenuhi permintaan pasar. Hal itu terjadi setelah pemerintah memberikan statement bahwa eucaliptus dapat mencegah virus ini.

"Permintaan pasar pun sangat tinggi. Kami sempat kewalahan karena jam kerja kami terbatas. Apalagi waktu awal-awal pandemi banyak penutupan daerah," kata Monica.

Monica optimistis, ke depan pasarnya akan semakin menjanjikan. Apalagi, saat ini tidak ada kendala yang terlampau sulit, pengiriman logistik pun terbilang lancar.

Darjeeling berdiri pada 2017 dilatarbelakangi kejelian kedua sahabat tersebut dalam membidik kebutuhan gaya hidup sehat di tengah masyarakat yang kian meluas. Apalagi bukan hal mudah mendapatkan harga essensial oil yang terjangkau di Indonesia.

Di sisi lain, baik Ratu maupun Monica mengaku memang menyukai aroma wangi produk, termasuk essential oil. Mereka pun mulai belajar untuk memahami jenis dan kegunaan dari masing-masing minyak alami tersebut.

Saat ini, kata dia, Darjeeling menawarkan lebih dari 500 varian essential oil dengan harga terjangkau. Sesuai tagline nya Your One Stop Aroma Therapy Spesialist, produk-produk tersebut dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 16.500 hingga puluhan juta rupiah.

"Selain itu, Darjeeling juga menyediakan diffuser atau alat yang digunakan untuk menikmati aroma therapy di rumah," katanya.

Tak berhenti sampai di sana, Ratu dan Monica kemudian melakukan riset dengan mengumpulkan beragam essential oil dan aroma therapy dari berbagai negara, seperti Oman, Yaman, Dubai dan berbagai negara lainnya.

"Selain essential oil, kami menyediakan aroma therapy diluar oil seperti incense raisin atau kemenyan, getah pohon dan kayu gaharu," kata Monica.

Ada juga produk atau bahan yang cukup sulit didapatkan, yaitu dragon blood karena langsung diambil dari satu jenis pohon dracaena cinnabari di Pulau Socotra, Yaman.

Untuk menjangkau pasar baru yang belum memahami essensial oil, mereka membuat informasi lengkap bahkan resep pembuatan essential oil di website resminya, darjeelingaroma.co.id.

Sementara menurut Ratu, Produk Darjeeling dapat ditemukan di platform social media Instagram dengan nama darjeelingaroma dan di beberapa marketplace di Indonesia.

Dari awal mendirikan Darjeeling, Ratu dan Monica  mempercayakan pengirimannya menggunakan jasa pengiriman JNE. Ratu pun mengaku bahwa dirinya langsung mendaftarkan menjadi member JLC (JNE Loyality Card), karena beragam keuntungan yang di dapatkan.

Sementara itu, tayangan Cerita JONI merupakan program inspiratif yang membahas seputar usaha, entrepreneur, bisnis online dan logistik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement