Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Kasus Covid di Indonesia Peringkat ke-137 Dunia

Selasa 06 Oct 2020 18:28 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Peringkat terkait kondisi Covid-19 saat ini cukup baik dibanding negara-negara lain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-137 dari 216 negara dengan jumlah kasus covid sebesar 1.120 per satu juta penduduk. Menurut dia, peringkat Indonesia terkait kondisi Covid-19 saat ini cukup baik dibandingkan negara-negara lainnya.

“Ini adalah peringkat yang cukup baik. Artinya jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, jumlah kasus di Indonesia masih lebih sedikit dari 78 negara lainnya di dunia,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/10).

Sedangkan untuk jumlah kematian, Indonesia menduduki peringkat ke-102 dari 216 negara dengan jumlah kematian 41 per satu juta penduduk. Kendati demikian, ia menekankan agar angka kematian ini dapat terus ditekan.

Baca Juga

Lebih lanjut, untuk kasus sembuh, Indonesia berada di peringkat ke-19 dari 216 negara dengan total kesembuhan mencapai 232.593 orang. “Kesembuhan ini harus terus kita tingkatkan, jangan berpuas diri dengan peringkat yang baik,” ucap dia.

Wiku mengatakan, berdasarkan jumlah pemeriksaan pada pekan pertama Oktober, Indonesia telah mencapai 70,13 persen dari target WHO. Pemerintah, kata dia, akan terus mengejar target pemeriksaan sesuai standar WHO yakni sebanyak 267 ribu orang yang dites per pekannya.

Meskipun perkembangan Covid-19 di Indonesia semakin membaik, namun pemerintah masih menghadapi sejumlah tantangan yakni tingkat kasus positif Covid-19. Wiku mengatakan, pada September, tingkat positif kasus covid di Indonesia mencapai 16,11 persen atau tiga kali lebih besar dari standar yang ditetapkan oleh WHO yakni lima persen.

“Angka ini sangat besar dan harus segera ditekan dan dikoreksi. Perbanyak lakukan testing dan disiplin protokol kesehatan agar tidak terjadi penularan dan positivity rate-nya bisa menurun,” kata Wiku.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA