Selasa 06 Oct 2020 10:04 WIB

Sederetan Pemimpin Negara Terpapar Covid-19

Trump menambah daftar pemimpin negara yang sebelumnya juga positif Corona.

Foto: AP
Pemimpin negara terpapar Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, Virus Covid-19 tidak mengenal siapa korbannya, dari rakyat kecil hingga petinggi negara. Presiden AS Donald Trump termasuk di antaranya yang terpapar virus. Trump menambah daftar pemimpin negara yang sebelumnya juga positif Corona.

Berikut daftar pemimpin negara yang terinfeksi Covid-19.

1. Donald Trump

Donald Trump dan istrinya Melania Trump mengonfirmasi bahwa mereka positif terpapar Covid-19. Sebelumnya, penasihat utama Presiden Trump Hope Hick telah terlebih dulu positif virus.

2. Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson adalah pemimpin negara berpengaruh pertama yang positif Covid-19. Ia sebelumnya juga sempat meremehkan pandemi virus Covid-19. Johnson masuk dalam perawatan khusus di rumah sakit karena gejalanya memburuk. Ia diberikan oksigen, tapi tidak sampai memakai ventilator.

3. Jair Bolsonaro

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan ia terpapar Covid-19 pada Juli. Bolsonaro termasuk pemimpin negara yang menganggap enteng Covid-19 dengan berkerumun dan tak pakai masker. Ia mempromosikan penggunaan obat malaria extol hydroxychloroquine untuk menyembuhkan Covid, meski belum ada konfirmasi dari ahli soal keberhasilannya.

4. Alexander Lukashenko

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko juga tidak terlalu peduli dengan Covid-19. Ia menyarankan agar minum vodka untuk selalu sehat. Pada Juli, Lukashenko mengumumkan ia terpapar virus Covid.

5. Pangeran Albert II Monako

Istana di Monako pada Maret lalu mengumumkan kepala negara Pangeran Albert terpapar virus Covid. Namun kondisi kesehatannya tetap bagus.

6. Alejandro Giammattei

Presiden Guatemaa Giammattei mengumumkan ia terpapar Covid-19 pada September. Ia mengaku tidak sampai demam, hanya batuk kecil dan memilih kerja dari rumah.

7.  Jeanine Anez

Virus membuat presiden interim Bolivia ini diisolasi pada Juli. Namun ia mengaku baik-baik saja.

8. Luis Abinader

Pemimpin presiden Republik Dominika terpilih ini sempat terpapar Covid-19. Ia menjalani berminggu-minggu isolasi sebelum pemilihan umum pada Juli.

9. Nikol Pashinyan

Nikol Pashinyan mengonfirmasi ia dan keluarganya terpapar virus Covid-19 pada Juni. Ia memilih bekerja dan isolasi di rumah.   

10. Mikhail Mishustin

Perdana Rusia Mikhail Mishustin terpapar Covid-19 dan sempat dilarikan ke rumah sakit pada April lalu. Pada pertengahan Mei ia sudah dinyatakan sembuh dan bekerja kembali.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement