Selasa 06 Oct 2020 05:50 WIB

5 Lokasi yang Dikaitkan dengan Tanda-Tanda Kiamat Besar

Terdapat sejumlah lokasi yang dikaitkan dengan tanda kiamat besar.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah lokasi yang dikaitkan dengan tanda kiamat besar. Danau dan Kota Tiberias.
Foto: holyland-pilgrimage.org
Terdapat sejumlah lokasi yang dikaitkan dengan tanda kiamat besar. Danau dan Kota Tiberias.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Percaya pada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman kelima. 

Umat Islam wajib mengimani dan mengamalkan itu. Iman kepada hari akhir artinya percaya bahwa hari kiamat akan datang, saat alam semesta hancur dan kehidupan akhirat menanti.

Baca Juga

Kapankah kiamat terjadi, memang tidak ada yang bisa mengetahui pasti. Tetapi Rasulullah SAW memberikan beberapa tanda kiamat, baik tanda kecil ataupun tanda besar akan munculnya kiamat.

Dalam sejumlah hadits itu ada ada beberapa lokasi yang dikaitkan dengan munculnya tanda-tanda kiamat. Berikut ini beberapa lokasi yang dikaitkan dengan tanda-tanda datangnya kiamat:

 

Pertama, Danau Tiberias

Danau Tiberias terkadang disebut juga dengan nama Laut Al-Jalil atau Danau Al-Jalil. Dikutip dari Dikutip dari buku Kiamat Sudah Dekat? Oleh Dr Muhammad al-’Areifi, danau ini terletak di utara Palestina yang menjadi muara Sungai Yordania. 

Airnya mengaliri seluruh kawasan delta Yordania. Panjang Danau Tiberias adalah 23 km lebar 13 km dan kedalamannya tidak lebih dari 44 km. Danau ini 210 meter lebih rendah daripada permukaan laut.

Menjelang hari kiamat nanti, air Danau Tiberias akan disedot habis oleh Ya’juj dan Ma’juj. 

عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال :وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا

Dari An-Nuwas Rasulullah SAW bersabda, “Kemudian Allah SWT mengeluarkan Yajuj dan Majuj, mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut. (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Kedua, Khurasan

Khurasan adalah tempat yang dipercaya keluarnya Dajjal. Ada pun hadis-hadis yang menyebut mengenai Khurasan adalah :

عن أبي بكر الصديق - رضي الله عنه - قال: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم ( الدجال يخرج من أرض بالمشرق؛ يقال لها: خراسان

“Dajjal akan keluar dari muka bumi ini, di bagian timur yang bernama Khurasan.” (HR Tirmidzi dari Abu Bakar bin ash-Shiddi RA). 

Dalam buku Fitnah dan Petaka Akhir Zaman oleh Abu Fatiah Al-Adnani disebutkan Khurasan bermakna tempat terbit matahari. Khurasan merupakan negeri yang amat luas, meliputi beberapa negara Persi, Afghanistan, dan Turkistan. 

Luasnya memanjang sampai ke Asia antara Sungai Amudariya sebelah utara serta timur dan Gunung Hindukus sebelah selatan serta beberapa daerah Persi bagian barat. Selain itu, juga memanjang ke beberapa negara seperti Bukhari, Khawarizi, Ghaznah, dan Isfahan.

Saat ini, Khurasan terbagi menjadi negara Afghanistan (kota terpentingnya adalah Harah dan Balakh. Harah disebut juga Khurasan sebagaimana Damaskus disebut Syam) dan Iran bagian utara (kota terpentingnya adalah Naisabur dan Masyhad). 

Khurasan yang diketahui saat ini adalah negara Persi yang terletak di bagian timur dan timur laut Iran. Kebanyakan penduduknya adalah kaum Syiah, sedangkan yang non-Muslim berada di Qillah.

Ketiga, Asia munculnya Ya’juj dan Ma’juj

Dikutip dari buku Fitnah dan Petaka Akhir Zaman oleh Abu Fatiah Al-Adnani, sebagian ulama menyatakan saat ini kaum Ya’juj wa Ma’juj masih berada dalam kerangkeng besi. 

Jika janji Allah telah datang mereka kelak akan dikeluarkan. Dalil yang menunjukkan bahwa dinding ini masih ada dan belum hancur ialah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad SAW yang bersabda :

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي السَّدِّ قَالَ  

( يَحْفِرُونَهُ كُلَّ يَوْمٍ ، حَتَّى إِذَا كَادُوا يَخْرِقُونَهُ قَالَ الَّذِي عَلَيْهِمْ : ارْجِعُوا فَسَتَخْرِقُونَهُ غَدًا ، فَيُعِيدُهُ اللَّهُ كَأَشَدِّ مَا كَانَ ، حَتَّى إِذَا بَلَغَ مُدَّتَهُمْ - وَأَرَادَ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَهُمْ عَلَى النَّاسِ - قَالَ الَّذِي عَلَيْهِمْ : ارْجِعُوا فَسَتَخْرِقُونَهُ غَدًا إِنْ شَاءَ اللَّهُ - وَاسْتَثْنَى - قَالَ : فَيَرْجِعُونَ فَيَجِدُونَهُ كَهَيْئَتِهِ حِينَ تَرَكُوهُ ، فَيَخْرِقُونَهُ فَيَخْرُجُونَ عَلَى النَّاسِ ، فَيَسْتَقُونَ الْمِيَاهَ وَيَفِرُّ النَّاسُ مِنْهُمْ 

“Mereka menggalinya setiap hari, sehingga mereka hampir dapat merobohkannya maka berkatalah yang menjaganya kepada mereka, ‘Kembalilah, kami besok akan dapat melubanginya. ‘Lalu Allah mengembalikannya sekokoh semula, sehingga apabila telah sampai pada waktunya dan Allah berkehendak melepaskannya ke tengah-tengah manusia, maka berkatalah penjaga itu kepada mereka, ‘Kembalilah, besok kamu akan dapat melubanginya, jika Allah telah mengkehendaki,’ Lalu mereka kembali lagi, sedang dinding itu dalam keadaan seperti waktu mereka meninggalkannya dulu, lalu (Ya’juj dan Ma’juj) melubanginya dan keluar ke tengah-tengah manusia, lantas meminum air, dan orang-orang berlari dari mereka.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim dengan sanad sahih).

Hadits tersebut menunjukkan mereka saat ini sedang terus melobangi dinding, mereka terus bekerja hingga datangnya janji Allah. Jika saatnya tiba, dinding itu akan hancur dan keluarlah mereka.

Banyak pendapat para ulama dan sejarawan yang menyebutkan keberadaan mereka, ada yang menyebutnya di wilayah Azerbaijan, ada yang mengatakan berada antara Samarkand dan India. Namun, tidak ada satupun riwayat sahih yang menyebutkan keberadaannya secara pasti.

Namun, dalam buku Kiamat Sudah Dekat? Oleh Dr Muhammad al-’Areifi terdapat hadis yang menjelaskan Ya’juj dan Ma’juj turun dari tempat yang tinggi.

عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: ...وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا ، وَيَمُرُّ آخِرُهُمْ فَيَقُولُونَ لَقَدْ كَانَ بِهَذِهِ مَرَّةً مَاءٌ...

An-Nawwas ibn Sam’an RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah lalu mengirim Ya’juj dan Ma’juj. Mereka turun dengan cepat dari setiap tempat yang tinggi. Kelompok pertama dari mereka melintasi Danau Tiberias dan meminum seluruh airnya. Setelah itu, kelompok terakhir mereka juga melintasi danau itu seraya berkata “Dulu, pernah ada air di lembah ini.” (HR Muslim)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement