Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Syarief Hasan: Jadilah Generasi Pemuda Berkarakter Pancasila

Senin 05 Oct 2020 19:54 WIB

Red: Hiru Muhammad

Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengungkapkan bahwa pemuda dan pemudi Indonesia adalah harapan bangsa di masa kini dan di masa yang akan datang.  Untuk mewujudkannya, para pemuda harus menjadi generasi yang berkarakter Pancasila.

Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengungkapkan bahwa pemuda dan pemudi Indonesia adalah harapan bangsa di masa kini dan di masa yang akan datang. Untuk mewujudkannya, para pemuda harus menjadi generasi yang berkarakter Pancasila.

Foto: istimewa
Pemuda diminta berani menyuarakan keadilan, persatuan, kemanusiaan sebagai kebiasaan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA mengungkapkan bahwa pemuda dan pemudi Indonesia adalah harapan bangsa di masa kini dan di masa yang akan datang.  Untuk mewujudkannya, para pemuda harus menjadi generasi yang berkarakter Pancasila.

"Hal tersebut sangat penting dan harus dimulai sejak dini.  Sebab, dalam diri pemuda tersimpan potensi besar yang bisa menjadi kekuatan jika terus dikembangkan dengan baik," katanya.

Hal tersebut dikatakan Pimpinan MPR dari partai Demokrat yang biasa disapa Syarief Hasan ini, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan komunitas Pasukan Kang H Anton S Suratto (PASKHASS) Bogor, di lapangan Demokrat Sport Center, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/10).  Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Fraksi Demokrat MPR Anton Sukartono Suratto dan peserta dari kalangan pelajar se-Kabupaten Bogor.

Beberapa potensi tersebut, lanjut Syarief, adalah pantang menyerah, tidak ragu-ragu dan konsisten. "Pergunakanlah potensi-potensi tersebut untuk mengangkat bangsa ini.  Beranilah tampil menyuarakan persatuan, keadilan, kemanusiaan dalam setiap kesempatan.  Jadikan itu kebiasaan," ujarnya.

Namun, dikatakan Syarif, banyak dari mereka yang kurang memaksimalkan potensinya tersebut. "Saya maklum. Kemungkinan karena kurang percaya diri, takut salah, takut gagal. Nah, untuk itu harus banyak-banyak latihan atau melihat contoh-contoh bagus. Jangan berat-berat.  Dari hal yang sederhana saja seperti menghafal Pancasila," katanya.

Di tengah pemaparan, Syarief Hasan menguji keberanian peserta dengan memberikan tantangan untuk maju ke depan menyebutkan sila-sila Pancasila secara urut dan lengkap. Syaharani seorang pelajar putri langsung merespon. Mantap, ia mengangkat tangan, meraih mikropon dan dengan lantang menjawab secara benar. "Jawaban betul. Luarbiasa sekali anak muda kita ini.  Ini adalah teladan baik buat semua," puji Syarief.

Syarief Hasan berpesan agar para pelajar tetap rajin dalam menuntut ilmu pengetahuan dan tetap konsisten menyelaraskan intelektualitas dengan Pancasila sehingga akan muncul  manusia Indonesia yang mampu menjawab berbagai masalah bangsa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler