Senin 05 Oct 2020 19:03 WIB

Lima Miqat Makani Bagi Jamaah Haji dan Umroh

Miqat adalah batas dimulainya ibadah haji dan umroh.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Lima Miqat Makani Bagi Jamaah Haji dan Umroh. Masjid Bir Ali tampak dari kejauhan di Madinah. Tempat ini merupakan awal miqat jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Jamaah haji Indonesia akan memulai ihram dan niat miqat dari Masjid Bir Ali.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Lima Miqat Makani Bagi Jamaah Haji dan Umroh. Masjid Bir Ali tampak dari kejauhan di Madinah. Tempat ini merupakan awal miqat jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Jamaah haji Indonesia akan memulai ihram dan niat miqat dari Masjid Bir Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Miqat adalah batas dimulainya ibadah haji dan umroh yang terbagi menjadi Miqat Makani (tempat) dan Miqat Zamani (waktu). Saat seorang Muslim berniat melakukan haji atau umroh melintasi miqat, maka harus membaca niat dan mengenakan kain ihram.

 

Baca Juga

Miqat Makani adalah ketentuan batas melaksanakan ibadah haji atau umroh berdasarkan tempat. Ada lima Miqat Makani yang ditentukan, yakni sebagai berikut.

Yalamlam

Miqat Yalamlam adalah Miqat Zamani yang jaraknya sekitar 92 kilometer dari Kota Makkah. Tempat ini adalah miqat bagi jamaah yang datang dari Yaman dan Asia seperti jamaah dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan negara-negara Asia lain.

Bir Ali/Dzul Hulaifah

Jamaah yang datang dari Madinah, lokasi miqatnya terletak di Bir Ali atau yang biasa disebut juga sebagai Zulhulayfah. Letak Bir Ali adalah sekitar 12 Km dari Madinah. 

Al Juhfah / Rabigh

Miqat Makani terletak di antara Mekkah dan Madinah adalah Al Juhfah dengan jarak sekitar 187 kilometer dari Makkah. Al Juhfah merupakan miqat bagi jamaah yang berasal dari Suriah, Mesir, Maroko, dan daerah di sekitarnya. Sayangnya ciri-ciri Al Juhfah menghilang sehingga diganti di lokasi lainnya, yaitu Rabigh. Letak Miqat Rabigh adalah sekitar 204 Km dari Makkah.

Qarnul Manazil

Qarnul Manazil adalah bukit di timur Makkah yang juga merupakan miqat bagi jamaah haji dengan jarak sekitar 94 kilometer dari Makkah

Zatu Irqin

Seperti namanya, Miqat Makani ini biasa digunakan bagi jamaah dari Irak, Iran dan daerah sekitarnya. Lokasi miqat ini terletak di utara Makkah dengan jarak sekitar 94 kilometer dari Makkah

Adapun bagi penduduk Makkah, tempat untuk memulai ihram haji adalah di Makkah. Namun jika berniat melakukan umroh, jamaah yang tinggal di Makkah harus menuju tempat di luar Tanah Haram. Tempat yang disarankan untuk miqat adalah mulai dari Ji’ranah, Tan’im, atau Hudaibiyah.

Semua penjelsan di atas merupakan Miqat Makani. Sedangkan Miqat Zamani adalah batas waktu dimulainya ibadah haji. Miqat Zamani untuk haji adalah pada Syawal, sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah. Sementara ibadah umroh, Miqat Zamani akan berlaku sepanjang tahun. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement