Senin 05 Oct 2020 18:46 WIB

Angka Kesembuhan Covid-19 Meningkat

Di pekan pertama Oktober, angka kesembuhan Covid-19 mencapai 75,27 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, angka kesembuhan pasien Covid-19 secara nasional saat ini semakin meningkat.
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, angka kesembuhan pasien Covid-19 secara nasional saat ini semakin meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan, angka kesembuhan pasien Covid-19 secara nasional saat ini semakin meningkat. Di pekan pertama Oktober, angka kesembuhan Covid-19 bahkan tercatat mencapai 75,27 persen yang meningkat dibandingkan satu pekan sebelumnya yakni sebesar 73,77 persen.

Total sebanyak 232.593 kasus sembuh tercatat hingga Senin (5/10) hari ini. Sedangkan kasus aktif secara nasional pada hari ini sebanyak 63.274 orang.

Baca Juga

“Angka kesembuhan Covid di Indonesia atau recovery rate di pekan pertama Oktober tercatat 75,27 persen,” kata Reisa saat konferensi pers.

Reisa melanjutkan, jumlah kasus meninggal dengan konfirmasi Covid-19 per 5 Oktober tercatat sebanyak 11.253 kasus. Rasio kematian terhadap total kasus pun mencapai 3,67 persen. Angka ini menurun dibandingkan satu pekan sebelumnya yang sebesar 3,77 persen.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencapaian ini,” kata dia.

Kunci utama untuk menurunkan angka Covid-19 ini yakni dengan memasifkan upaya pemeriksaan, pelacakan, dan perawatan. Ia mengatakan, pemerintah telah mampu melakukan pemeriksaan hingga 40 ribu orang tiap harinya di lebih dari 340 laboratorium. Sedangkan upaya pelacakan yang dilakukan telah menemukan sekitar 140 ribu suspek setiap harinya.

Karena itu, ia mengingatkan masyarakat pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Kendati demikian, protokol kesehatan ini harus dilakukan secara masif dan serentak oleh seluruh masyarakat sehingga kasus Covid dapat ditekan.

Pemerintah juga tengah menyiapkan rencana program vaksinasi secara bertahap untuk masyarakat. Vaksinasi ini diharapkan mampu melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19.

“Dari sejarah, terbukti suksesnya vaksinasi berdampak pada terkendalinya bahkan hilangnya penyakit menular, seperti cacar dan polio,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement