Senin 05 Oct 2020 17:36 WIB

Prodi Magister Pendidikan Sains UNS Raih Akreditasi A

Akreditasi Pendidikan Sains UNS dilakukan secara daring.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih predikat akreditasi A. Ini sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) No. 5936/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2020 pada 23 September 2020.

Baca Juga

Asesmen Lapangan (AL) dilakukan secara daring pada 18-19 September 2020. Asesor yang terlibat antara lain, Ramlan Silaban dari Universitas Negeri Medan dan Sri Puji Astuti Wahyuningsih dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Kepala Prodi (Kaprodi) Magister Pendidikan Sains UNS, Sarwanto, mengatakan, melalui asesmen lapangan tersebut, kedua asesor sangat terkesan dengan komitmen para dosen Prodi Magister Pendidikan Sains. Khususnya, para profesor yang mendukung pengelolaan Prodi Magister Pendidikan Sains.

Selain itu, komitmen para alumni, melalui himpunan alumni bernama Hikal Pisa yang dianggap memberikan kontribusi besar terhadap Prodi Magister Pendidikan Sains. Ketika diwawancarai oleh kedua asesor, mahasiswa Magister Pendidikan Sains menyatakan bangga kuliah di UNS, khususnya dalam pembimbingan publikasi internasional yang akan menjadi portofolio untuk bekerja kedepannya.

Sarwanto menambahkan, hasil akreditasi tersebut sebagai titik balik untuk meningkatkan mutu Prodi Magister Pendidikan Sains.

"Hasil ini sebagai turning point untuk meningkatkan mutu Prodi Magister Pendidikan Sains menjadi Prodi berkualitas internasional sebagaimana visi misi Prodi. Selain itu, apresiasi yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa yang dengan sabar 1,5 tahun menunggu hasil akreditasi Prodi hingga memperoleh hasil yang maksimal," kata Sarwanto, seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (5/10).

Menurutnya, dukungan dari super tim Unit Penjaminan Mutu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, serta pimpinan FKIP UNS terhadap keilmuan Pendidikan Sains juga turut berperan terhadap keberhasilan hasil akreditasi tersebut. Para mahasiswa yang sudah menyelesaikan ujian tesis, setelah keluarnya SK dan Sertifikat akreditasi, berbondong-bondong mendaftarkan wisuda setelah dinyatakan lulus dari Prodi Pendidikan Sains.

Dekan FKIP UNS, Mardiyana, menyampaikan apresiasi kepada Prodi Magister Pendidikan Sains karena telah memberikan sumbangan terhadap capaian kinerja fakultas. "Syukuran hasil akreditasi ini telah dilaksanakan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof Slamet Subiyantoro dengan Tim UPM FKIP UNS, pada Jumat (25/9) bersama dua Prodi lainnya yaitu Prodi S1 Pendidikan Bahasa Jawa yang terakreditasi A dan akreditasi pertama Prodi S2 Pendidikan Biologi dengan hasil B," ujar Mardiyana.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement