Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Baleg Ungkap Peluang Rapur Pengesahan RUU Ciptaker Hari Ini

Senin 05 Oct 2020 13:37 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya mengungkapkan peluang jadwal pelaksanaan rapat paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10).

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya mengungkapkan peluang jadwal pelaksanaan rapat paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Bamus masih melakukan rapat untuk menentukan jadwal rapat paripurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya mengatakan, mengungkapkan, ada peluang rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja akan digelar hari ini. Namun, itu masih menunggu hasil dari rapat Bamus.

Ia mengatakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) digelar Senin (5/10) pukul 13.00 WIB. Salah satu agendanya adalah penentuan jadwal rapat paripurna untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja.

Baca Juga

"Nanti itu keputusannya, apakah masa sidang penutupan atau (dilaksanakan) hari ini, itu nanti keputusan di bamus," ujar Willy di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10).

Dalam rapat Bamus, pimpinan DPR akan mendengar pendapat dari setiap fraksi perihal sejumlah agenda yang akan dibahas. Jika masih ada suara penolakan RUU Cipta Kerja, ia menilai hal tersebut sebagai hal yang lumrah.

"Kita lihat dinamika di Bamus akan sepertu apa. Ini kan proses politik, kita akan lihat dan dengar nanti pendalaman fraksi terhadap apa yang diagendakan di Bamus hari ini," ujar Willy.

Sementara itu, Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi mengatakan, penyelesaian pembahasan RUU Cipta Kerja sudah sesuai mekanisme yang ada. Kini, Baleg masih menunggu keputusan Badan Musyawarah (Bamus) terkait dibawanya RUU ini ke rapat paripurna terdekat.

"Kami sampaikan sesuai mekanisme, selanjutnya apakah akan dibawa ke paripurna terdekat tergantung keputusan Bamus," ujar Baidowi lewat keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

Sebelumnya, beredar surat edaran yang berisi bahwa rapat paripurna akan digelar Senin (5/10) pukul 14.00 WIB. Salah satu agendanya adalah pengambilan keputusan tingkat II atau pengesahan RUU Cipta Kerja.

Agenda lainnya adalah pendapat fraksi terhadap usulan RUU Perorangan tentang Praktik Psikologi. Juga, pidato penutupan masa sidang oleh Ketua DPR Puan Maharani. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA