Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Berbisnis, Persiapan Kim Sebelum Pensiun

Senin 05 Oct 2020 09:38 WIB

Rep: Hartifiany Praisa/ Red: Agung Sasongko

Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan memakai kostum latihan saat acara Launching Persib Bandung 2019 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Ahad (11/5).

Gelandang Persib Bandung Kim Kurniawan memakai kostum latihan saat acara Launching Persib Bandung 2019 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Ahad (11/5).

Foto: Abdan Syakura
Kim memiliki beberapa usaha di bidang jasa dan fashion.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Tidak sedikit pemain bola yang membuka bisnis ketika masih aktif. Salah satunya adalah pemain gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan.

Kim memiliki beberapa usaha di bidang jasa, fashion dan kini mencoba terjun ke bisnis kuliner. Dia mengakui hal ini sebagai persiapannya setelah berhenti menjadi pemain bola.

Baca Juga

"Bakery dan satunya lagi masakan Manado. Emang ada filosofi di belakangnya, bakery karena saya asli Jerman dan ingin mengembangkan roti asli Jerman, sedangkan istri asli Manado, jadi ingini perpaduan luar negeri dan Indonesia," kata Kim di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (1/10).

Rencananya bisnis terbarunya akan dibuka pada akhir pertengahan bulan Oktober ini. Dia mengaku tidak khawatir membuka bisnis baru di tengah pandemik virus corona.

"Kita tetap harus hidup perekonomian dan sudah mulai pelan-pelan jalan. Jadi kalau ke arah kuliner saya khawatir karena di saat pandmei setiap orang harus makan," katanya.

Dia mengakui sudah mempersiapkan bisnis sudah lebih dari lima tahun lalu. Dia mengakui bahwa tidak bisa hidup dari sepak bola selama-lamanya.

"Apalagi kalau sudah punya keluarga, kalau saya hanya mengandalkan sepak bola ya susah kalau situasi serupa muncul lagi," katanya.

Dia mengakui mencontoh bintang besar sepak bola seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan lainnya. Karena sebagai pemain sepak bola, tentu akan ada waktunya untuk pensiun yang jauh lebih muda dibandingkan pekerjaan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA