Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Bima Sakti: Kemampuan Pemain Timnas U-16 Meningkat

Senin 05 Oct 2020 09:09 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko

Pelatih Kepala tim nasional U-16 Bima Sakti (Tengah) memberikan arahan saat sesi latihan perdana di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (13/5/2019).

Pelatih Kepala tim nasional U-16 Bima Sakti (Tengah) memberikan arahan saat sesi latihan perdana di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (13/5/2019).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Timnas sepakbola Indonesia U-16 telah menyelesaikan pemusatan latihan (TC).

REPUBLIKA.CO.ID,  BEKASI -- Timnas sepakbola Indonesia U-16 telah menyelesaikan pemusatan latihan (TC) sejak Sabtu (3/10) lalu. Pelatih timnas U-16, Bima Sakti menyebut kemampuan anak asuhnya meningkat signifikan. 

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Yang pasti fisik mereka lebih kuat, faktor-faktor teknik dan lainnya juga meningkat secara signifikan, organisasi bertahan dan transisi sudah semakin bagus,” ujar Bima dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Ahad (4/10). 

Baca Juga

Pada latihan pamungkas, Bima sengaja meramu program latihan dengan intensitas rendah, yaitu berlatih operan, rondo, dan uji tanding.  “Ada juga permainan bola yang kami buat seperti bola voli, dimana lima lawan lima pemain dibagi menjadi empat tim yang saling berhadapan,” ucapnya.

Ia mengeklaim, latihan seperti itu membuat pemain terlihat semakin kompak, serta berkomunikasi dengan baik antarsesama “Itu yang menjadikan tim ini suatu kesatuan, kekompakan, komunikasi dan faktor lainnya yang berhubungan dengan sepak bola semakin baik dan terus meningkat setiap saat,” kata Bima.

Menurut salah satu pemain, Diandra Diaz Dewari, latihan hari terakhir ini sangat menghibur. “Memang kami latihan temponya sedikit turun, karena beberapa hari sebelumnya kami terus berlatih dengan intensitas yang tinggi, dan ini juga hari terakhir, jadi kami lebih menikmati latihan dan seru sekali,” jelasnya.

“Saya berharap, bisa bergabung kembali dengan tim ini di TC berikutnya,” ucapnya.

PSSI menyiapkan Timnas U-16 untuk menghadapi Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar pada awal tahun 2021 mendatang. Marcell Januar Putra dan kawan-kawan berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina. Empat tim semi final Piala AFC U-16 2020 akan lolos ke Piala Dunia U-17 2021 mendatang di Peru.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi dua tahunan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA