Senin 05 Oct 2020 06:26 WIB

Kuatkan Ketahanan Pangan Keluarga, BMH-KGK Sinergi 

Sinergi itu berupa penanaman bibit sayuran.

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan Komunitas Gunungpati Kreatif (KGK) berkolaborasi mengajak warga di Semarang menanam bibit sayuran.
Foto: Dok BMH
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan Komunitas Gunungpati Kreatif (KGK) berkolaborasi mengajak warga di Semarang menanam bibit sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pandemi Covid-19 yang masih menanjak grafiknya harus disikapi dengan antisipasi melakukan beragam kegiatan masyarakat, terutama dari sisi ketahanan pangan keluarga. 

Keluarga harus tetap survive untuk mengatur pasokan gizi konsumsi harian. Di tengah pandemi justru imunitas tubuh harus dilipatgandakan agar secara ikhtiar manusiawi telah kita siapkan dengan baik. 

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dan Komunitas Gunungpati Kreatif (KGK) berkolaborasi memanfaatkan lingkungan rumah dan sekitarnya agar bermanfaat khususnya dengan pemenuhan sayur-sayuran di pekarangan rumah masing-masing anggota. 

Kegiatan penanaman bibit sayuran ini terlaksana di Gunungpati, Kota Semarang yang juga dihadiri Ibu-Ibu Hebat Komunitas KGK se-Kecamatan Gunungpati dan dibuka oleh Ketua RT. 01/02 Bibis Ngijo,  Edi Siswoyo pada Ahad (4/10).

"Alhamdulillah, acara tanam perdana ini dapat berjalan sesuai rencana dan semoga ide-ide kreatif masyarakat dapat berkembang untuk menghadapi segala tantangan. Hari ini tantangannya Covid-19, kedepan kita tahu bersama, intinya segala tantangan yang menghadang harus disikapi dengan lapangdada dan ayo kita carikan bersama solusinya," kata  Ketua Panitia Tanam Perdana Sayuran, Ibu Heni Mulatsih seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Demikian juga yang disampaikan oleh Ketua KGK Agus Sutanto. Ia  mengharapkan agar kreativitas para anggota senantiasa diasah.

"KGK ini adalah wadah bersama kita, saling sinergi dan kolaborasi agar kehadiran komunitas ini dapat lebih banyak dirasakan. Memang di tengah pandemi ini kita agak sedikit mengendurkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Namun, inovasi dan kreasi harus terus kita lakukan, agar nama komunitas 'kreatif' ini tidak saja tercantum dalam nama, tetapi benar-benar tercermin dalam gerakan kolaborasi," paparnya.

Laznas BMH Perwakilan Jawa Tengah menyambut antusias gerakan tanam bibit sayuran ini.

"Tanam perdana bibit sayuran ini semoga memberikan pesan positif kepada warga, khususnya anggota KGK ini untuk terus berkreasi. Bergerak dengan beragam pendekatan. Insyaallah BMH siap berkolaborasi lebih lanjut. Harapan BMH beragam kreatifitas dalam komunitas KGK ini dapat terwadahi agar semua potensi dapat dimaksimalkan untuk umat," ungkap Kadiv Penghimpunan BMH Jawa Tengah, Rafiuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement