Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Aston Villa Pecundangi Liverpool dengan skor 7-2

Senin 05 Oct 2020 03:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Liverpool kalah telak dari Aston Villa dengan skor 2-7 dalam pertandingan keempat Liga Inggris, Senin (5/10).

Liverpool kalah telak dari Aston Villa dengan skor 2-7 dalam pertandingan keempat Liga Inggris, Senin (5/10).

Foto: epa
Liverpool mengalami kekalahan telak dari Aston Villa

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Liverpool dipermalukan Aston Villa kala bertandang ke Stadion Villa Park pada pekan keempat Liga Inggris, Senin (5/10) dini hari WIB. Skuat asuhan Juergen Klopp dikalahkan dengan skor telah 2-7 oleh tuan rumah.

Kesalahan dari kiper Adrian mengawali pesta gol Villa ke gawang juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut. Penjaga gawang yang dipercaya menggantikan Allison, yang tengah cedera, itu salah melepaskan operan. Kesalahan ini langsung dimanfaatkan oleh Jack Grealish. Gelandang asal Inggris itu langsung mengoper bola ke Ollie Watkins, yang kemudian melepaskan tembakan.

Baca Juga

Tim tuan rumah pun sudah mampu unggul saat laga baru berjalan empat menit. Watkins menambah catatan golnya di laga ini pada menit ke-22. Mendapatkan umpan terobosan dari Grealish, Watkins merangsek ke kotak penalti Liverpool dan melepaskan tembakan melengkung ke kanan gawang The Reds. Adrian tidak mampu menghalau tendangan tersebut.

Namun, Liverpool berhasil membalas lewat gol dari Mohammed Salah. Penyerang asal Mesir itu berhasil merobek gawang tim tuan rumah pada menit ke-33. Sayangnya, upaya The Reds untuk bisa bangkit dihentikan oleh Villa. John McGinn melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat mengenai salah satu pemain dan berubah arah, tanpa bisa dibaca oleh Adrian.

photo
Pemain Aston Villa Ollie Watkins mencetak gol ke gawang Liverpool - (EPA)
Gol McGinn ini hanya berselang dua menit dari Salah. Tidak berhenti sampai disitu, Villa kian meninggalkan Liverpool. Pada menit ke-39, Watkins mencetak hattricknya di laga ini. Penyerang berusia 24 tahun itu menanduk bola hasil umpan lambung dari sisi kiri lapangan. Watkins pun menjadi pemain pertama setelah Dimitar Berbatov pada 2020 yang mampu mencetak hattrick ke gawang Liverpool di pentas Liga Primer Inggris.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-55, Ross Barkley ikut mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang yang dipinjam Villa dari Chelsea itu mencetak gol pada laga debutnya bersama Villa. Barkley melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat membentur salah satu pemain Liverpool, dan tepat mengarah ke pojok kiri atas gawang The Reds. Adrian tidak dapat menjangkau bola hasil sepakan Barkley tersebut.

Liverpool sempat membalas pada menit ke-62. Salah mencetak gol keduanya di partai ini setelah mendapatkan umpan matang dari Roberto Firmino. Namun, sekali lagi, gol Salah ini tidak mampu membawa The Reds untuk bisa bangkit dan meningkatkan peformanya. Di laga ini, lini belakang Liverpool memang terlihat begitu lamban dan tidak agresif melakukan pressing saat pemain lawan menguasai bola.

Imbasnya, Villa kembali menjauh dari kejaran The Reds. Setelah mencatatkan dua assist di laga ini, Grealish akhirnya ikut mencetak gol, tepatnya pada menit ke-66. Proses terjadinya gol Grealish ini pun tidak jauh berbeda dengan gol Barkley. Namun, bola sepakan Grealish, yang sempat membentur Fabinho, meluncur ke pojok kiri bawah gawang Liverpool. Adrian, yang sudah bergerak untuk mengantisipasi tendangan Grealish, tidak bisa berbuat banyak.

Pesta gol Villa di laga kandang keduanya di pentas Liga Primer Inggris musim ini ternyata belum berakhir. Berawal dari serangan balik cepat, Grealish kembali membawa Villa memperbesar keunggulan. Gelandang asal Inggris itu mendapatkan sodoran umpan dari Jack McGinn dari tengah lapangan. Setelah tinggal berhadapan satu lawan satu, Grealish dengan mudah menaklukan Adrian. Gol ini sekaligus menutup pesta gol Villa ke gawang Liverpool.

Susunan Pemain:

Aston Villa (4-3-3)

Pelatih: Dean Smith

Kiper: Martinez

Belakang: Targett, Mings, Konsa, Cash

Tengah: Barkley, Luiz, McGinn

Depan: Grealish, Watkins, Trezeguet

Liverpool (4-3-3)

Pelatih: Jurgen Klopp

Kiper: Adrian

Belakang: Robertson, Van Dijk, Gomez, Alexander-Arnold

Tengah: Wijnaldum, Fabinho, Keita

Depan: Jota, Firmino, Salah

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA