Ahad 04 Oct 2020 17:38 WIB

Lebih dari 1,5 Juta Orang Kunjungi Masjid Agung Hagia Sophia

Setiap hari ribuan orang berkunjung ke Hagia Sophia di tengah pandemi virus corona

Red: Nur Aini
Hagia Sophia
Hagia Sophia

 

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Lebih dari 1,5 juta orang telah mengunjungi Masjid Agung Hagia Sophia sejak pembukaan kembali bangunan bersejarah itu pada Juli untuk tempat ibadah para Muslim setelah menjadi museum selama 86 tahun.

Baca Juga

Mufti Istanbul Mehmet Emin Masali mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa lebih dari 1,5 juta orang telah mengunjungi Hagia Sophia setelah dibuka kembali sebagai masjid.

“Masjid Agung Hagia Sophia dikunjungi oleh 15.000 pengunjung pada hari kerja dan 25.000 hingga 30.000 pada hari Jumat dan akhir pekan,” kata Masali.

Ribuan orang dari Turki dan luar negeri mengunjungi masjid yang dibuka sepanjang waktu dan kunjungan diatur sejalan dengan antisipasi virus corona, tambah dia. Pada 24 Juli, Salat Jumat di Masjid Agung Hagia Sophia menandai ibadah Muslim pertama di sana dalam 86 tahun terakhir.

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul, dan masjid dari tahun 1453 hingga 1934 - hampir 500 tahun - dan yang terbaru sebagai museum selama 86 tahun. Pada 1985, Hagia Sophia dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selain sebagai masjid, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/lebih-dari-1-5-juta-orang-kunjungi-masjid-agung-hagia-sophia-di-istanbul/1994198
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement