Ahad 04 Oct 2020 16:32 WIB

Hotel Kyriad Tangerang Resmi Jadi Lokasi Isolasi Pasien OTG 

Kapasitas di Hotel Kyriad 160 tempat tidur, dan bisa digunakan mulai Senin ini.  

Rep: Eva Rianti  / Red: Agus Yulianto
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang resmi menggunakan Hotel Kyriad, sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG), mulai Senin (5/10). Hotel tersebut diketahui memiliki kapasitas ratusan tempat tidur yang bisa digunakan oleh para pasien OTG Covid-19. 

"Kapasitas di Hotel Kyriad 160 tempat tidur, dan bisa digunakan mulai Senin," ujar Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kota Tangerang, Dini kepada wartawan, Ahad (4/10). 

Dini mengatakan, saat ini, petugas masih mempersiapkan sejumlah peralatan medis yang diperlukan untuk mulai melayani pasien Covid-19 esok hari. "Sekarang petugas masih mempersiapkan beragam alat medis yang dibutuhkan, dan beberapa kebutuhan pelengkap lainnya. Sehingga Senin nanti semua sudah siap dan proses pemulihan jauh lebih mudah,” ujarnya. 

Sejauh ini, pihaknya telah menyediakan sebanyak 16 tenaga kesehatan yang akan bertugas di lokasi isolasi Hotel Kyriad. Kuantitas tenaga medis akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan nantinya.

"Tenaga medis bisa saja berkurang atau bertambah sesuai situasi dan kondisi nanti sepanjang proses penanganan. Semoga dengan lokasi yang nyaman, pasien bisa lebih cepat pada proses pemulihan, tak terkecuali para tenaga medis yang bisa bekerja lebih maksimal dengan lokasi yang mendukung dan kelengkapan alat medis yang memadai," ujar Dini. 

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menegaskan, ketersediaan ruang isolasi yang memadai akan dapat mendukung percepatan pemulihan pasien Covid-19. “Lokasi-lokasi isolasi mandiri yang disediakan Pemkot Tangerang semoga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi potensi penularan,” ujarnya menambahkan bahwa upaya itu juga untuk menekan angka penyebaran Covid-19 pada klaster keluarga. 

Kesediaan tambahan lokasi isolasi mandiri seperti Hotel Kyriad tersebut dinilai sangat dibutuhkan, terlebih mengingat okupansi tempat tidur di sejumlah lokasi isolasi di Kota Tangerang terus meningkat. 

Diketahui, hotel tersebut menjadi tambahan dari tempat-tempat isolasi sebelumnya yang berjumlah empat yang telah disediakan oleh Pemkot Tangerang. Keempatnya adalah Puskesmas Jurumudi, Puskesmas Panunggangan Barat, Puskesmas Gebang Raya, dan Rumah Perlindungan Sosial (RPS). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement