Ahad 04 Oct 2020 00:45 WIB

Sejak Jadi Masjid, Pengunjung Hagia Sophia Melonjak Drastis

Pengunjung Hagia Sophia tembus 15 ribu wisatawan perhari rata-rata.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Nashih Nashrullah
Pengunjung Hagia Sophia tembus 15 ribu wisatawan perhari rata-rata. Ilustrasi Masjid Hagia Sophia, Istanbul Turki
Foto: REUTERS/Umit Bektas
Pengunjung Hagia Sophia tembus 15 ribu wisatawan perhari rata-rata. Ilustrasi Masjid Hagia Sophia, Istanbul Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL – Sejak Hagia Sophia kembali difungsikan menjadi masjid setelah selama 86 tahun terakhir difungsikan sebagai museum, jumlah kunjungan meningkat drastis. 

Lebih dari 1,5 juta orang telah mengunjungi Masjid Agung Hagia Sophia sejak bangunan bersejarah Istanbul, Turki ini kembali difungsikan sebagai tempat ibadah umat Muslim Juli lalu. 

Baca Juga

Mufti Istanbul Mehmet Emin Masali mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa lebih dari 1,5 juta orang telah mengunjungi Hagia Sophia setelah kembali dibuka sebagai masjid.

"Masjid Agung Hagia Sophia dikunjungi oleh 15 ribu pengunjung pada hari kerja, kemudian 25 ribu hingga 30 ribu orang pada Jumat dan akhir pekan," kata Masali seperti dikutip dari laman Anadolu Agency, Sabtu (3/10).

 

Ia menambahkan, ribuan orang dari Turki dan luar negeri datang mengunjungi masjid yang dibuka sepanjang waktu ini dan kunjungan diatur sejalan dengan penanganan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19).

Pada 24 Juli, sholat Jumat kembali dilakukan di Masjid Agung Hagia Sophia untuk menandai ibadah Muslim pertama di sana dalam kurun waktu 86 tahun. Perlu diketahui, Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukkan Istanbul kemudian beralih menjadi masjid sejak 1453 hingga 1934 atau hampir selama 500 tahun dan yang terbaru menjadi museum selama 86 tahun.

Pada 1985, Hagia Sophia ditambahkan dalam daftar warisan dunia Unesco. Selain sebagai masjid, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata Turki yang utama dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik maupun asing.

 

Sumber: https://www.aa.com.tr/en/culture/over-15m-visit-istanbul-s-hagia-sophia-grand-mosque/1993589  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement