Sabtu 03 Oct 2020 17:30 WIB

SD Bosowa Bina Insani Gelar Term Break dan Bina Mental

Kegiatan itu mengusung tema “Berkarya dan Berkreasi di Masa Pandemi”.

Kepala Sekolah SD Bosowa Bina Insani, Dr  M  Sudrajat  MPdI menutup  acara Term Break dan Bintal, Jumat (2/10).
Foto: Dok SBBI
Kepala Sekolah SD Bosowa Bina Insani, Dr M Sudrajat MPdI menutup acara Term Break dan Bintal, Jumat (2/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- SD Bosowa Bina Insani Bogor mengadakan program Term Break dan Bimbingan Mental (Bintal) tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan itu mengusung tema  "Berkarya dan Berkreasi di Masa Pandemi.

Term Break dan Bintal itu  diadakan  mulai tanggal 28 September 2020 sampai tanggal 2 Oktober 2020. “Semua kegiatan dilakukan secara virtual dan diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas 1 sampai kelas 6,” kata  Kepala Sekolah SD Bosowa Bina Insani, Dr  M  Sudrajat  MPdI dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Kegiatan Term Break  dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Ini adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media,

Sudrajat menjelaskan, kegiatan dibagi dua bagian. Pertama untuk kelas 1-3, pembukaannya dilakukan pada Senin (28/9). Acara dibuka oleh kepala sekolah, dilanjutkan Krida bersama diisi oleh seluruh guru PJOK dengan bersenam gembira dan ditutup  doa oleh Ustadz  Zaenal Abidin SQ. Kemudian seluruh siswa dibimbing oleh guru kelas untuk mengikuti kegiatan Term Break.

Kedua, untuk kelas 4 sampai 6, pembukaan dilaksanakan pada  Selasa  (29/9) dengan agenda acara yang sama.

photo
Siswa kelas 2 SD Bosowa Bina Insani mendengarkan dongeng bersama Kak Leni.  (Foto: Dok SBBI)

Ia menambahkan, Bimbingan Mental (Bintal) dilaksanakan pada Rabu (30/9) dengan menghadirkan beberapa nara sumber. Siswa  kelas 1 mendengarkan dongeng bersama Kak Didin; siswa  kelas 2 mendengarkan dongeng bersama Kak Leni; siswa  kelas 3  melaksanakan kegiatan menggambar bersama Kak Margo; siswa  kelas 4 melakukan praktik menanam metode hidroponik; sedangkan siswa kelas 5 dan 6 mendengarkan motivasi bersama Kak Eko dari Ultra Semangat.

 “Penampilan hasil karya dan kreasi siswa dilakukan pada hari Kamis  (1/10) untuk kelas 1 sampai 3 (kelas bawah) dan Jumat (2/10)  untuk kelas 4 sampai 6 (kelas atas). Kemudian  diakhiri dengan acara penutupan,” paparnya.

Acara penutupan kelas bawah  dihadiri oleh Wakil Direktur Pengembangan Akademik  Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI),  Eko Arianto. Ia mengapresiasi kepada seluruh siswa yang sudah menampilkan karya kreasinya dan kepada seluruh jajaran manajemen serta dewan guru yang sudah mendukung  kegiatan tersebut. 

Acara ditutup oleh kepala sekolah dengan memberi pesan dan kesan bahwa semua kreativitas siswa jangan sampai  berakhir sampai acara ini saja.  “Teruslah berkarya dan berkreasi semaksimal mungkin, dan semoga semua karya yang tersaji akan memiliki makna tersendiri bagi siswa di masa pandemi ini,” tutur Sudrajat. 

Ia  juga mengucapkan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran manajemen serta dewan guru yang menyukseskan kegiatan Termbreak dan Bintal tahun ini. “Semoga masa pandemi segera berakhir agar pembelajaran dapat berjalan normal seperti sebelumnya,” kata Sudrajat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement