Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

UMY Helat Orientasi Studi Dasar Islam

Sabtu 03 Oct 2020 14:19 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil

UMY Helat Orientasi Studi Dasar Islam. Foto: Rektor UMY - Gunawan Budiyanto

UMY Helat Orientasi Studi Dasar Islam. Foto: Rektor UMY - Gunawan Budiyanto

Foto: Republika/ Wihdan
Orientasi Studi Dasar Islam wujud kepedulian UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) setiap tahunnya menggelar Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI). Diadakan sebagai wujud nyata kepedulian UMY tidak cuma kepada ilmu akademik, tapi kehidupan beragama mahasiswanya.

Tahun ini, kegiatan itu mengangkat tema Beragama, Cerdas, Menuju Pribadi Berkualitas. Di tengah-tengah pandemi Covid-19, OSDI 2020 harus diadakan secara daring dan disiarkan langsung dari Ms.Teams, YouTube dan Instagram.

Diikuti lebih dari 21 ribu penonton, kegiatan dibuka secara resmi Rektor UMY, Dr Gunawan Budiyanto, simbolis lewat pemukulan gong. Dalam sambutannya, ia mengaku bangga dan sangat tertarik dengan tema yang diangkat tahun ini.

"Bisa jelaskan orang pintar belum tentu cerdas, tapi orang cerdas sudah pasti pintar karena bisa menyeimbangkan otak kanan dan kiri, sehingga orang cerdas pasti berkualitas karena bisa menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan pelaksanaan agama," kata Gunawan, Kamis (1/10).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti, turut memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa baru. Sebagai Muslim, mereka harus bisa menciptakan kebaikan untuk orang lain, tidak cuma diri sendiri.

Selain itu, Mu'ti menyampaikan, ilmu memang jadi kunci meraih kesejahteraan hidup. Tapi, ia menekankan, agama itu tuntunan yang pasti akan mendatangkan kebahagiaan, sehingga keduanya tidak bisa dipisahkan dan harus seimbang.

"Tanamkan cita-cita dan miliki komitmen, miliki visi mengenai apa yang akan diraih, dan yang terakhir yakni berusaha dan tidak putus asa," ujar Mu'ti.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA