Jumat 23 Oct 2020 02:41 WIB

3 Nama Agung Kitab Suci Alquran

Alquran ternyata memiliki beberapa nama.

Foto: republika
Nama-nama Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Alquran ternyata memiliki beberapa nama. Ahmad Fuad Effendy dalam Sudahkah Kita Mengenal Al-Quran? menyebutkan, kalangan ulama berbeda pendapat tentang jumlahnya. Sebagian berpendapat 55 nama, ada yang 90 nama selain Alquran. 

Imam al-Ghazali dalam bukunya, Misykat al- Anwar, penamaan Alquran dengan An-Nur, mengibaratkan kedudukan Alquran bagi mata akal bagaikan cahaya matahari bagi mata lahiriah. Mata sukar melihat tanpa menerima pantulan sinar mentari. Akal pun akan gelap bila tidak disinari petunjuk Alquran. Berikut tiga di antara sekian nama agung Alquran: 

Al-Kitab

Lihat QS al-Baqarah: 2 atau QS ad-Dukhan: 2.  Nama al-Kitab mengisyaratkan ketertulisan. Dalam arti, Alquran merupakan wahyu Allah yang ditulis dan dibukukan dalam bentuk yang kita kenal dengan sebutan mushaf. Rasulullah SAW juga diketahui memerintahkan para sahabat untuk menuliskan ayat-ayat suci yang diwahyukan kepada beliau.

> Adz-Dzikr

Lihat QS Al-Hijr: 9 dan  QS al-Anbiya: 10. Dalam arti, inilah kitab yang mengingatkan manusia atau memberikan pelajaran bagi mereka agar beriman dan taat kepada-Nya.    

> An-Nur

Kata nur secara kebahasaan berarti 'cahaya.' Alquran disebut pula sebagai an-Nur karena itulah kitab yang memancarkan cahaya kebenaran bagi sekalian makhluk-Nya. Lihat QS an-Nisa: 174.

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement