Jumat 09 Oct 2020 07:11 WIB

Penelusuran Jejak Nabi Sulaiman

Para arkelog menemukan bekas penambangan besi diduga peninggalan Nabi Sulaiman.

Foto: republika
Penelusuran jejak Nabi Sulaiman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sulaiman adalah putra dari Nabi Dawud AS. Daud diutus kepada Bani Israil agar mereka menyembah Allah. Atas kebesaran Allah, Nabi Daud dianugerahi kekuasaan dan kerajaan yang sangat besar dan luas.  Setelah wafat, kerajaan diwariskan kepada putra Dawud, yaitu Sulaiman.  Para arkelog kini terus melakukan upaya pencarian terhadap situs-situs peninggalan Nabi Sulaiman yang hidup sekitar abad ke-10 sebelum Masehi (989-931 SM) dan Nabi Daud (1041-971 sebelum masehi). Berikut ini jejak arkeologis Nabi Sulaiman yang hendak digali:

>Penambangan Besi

Para arkelog berhasil menemukan sebuah lokasi bekas penambangan besi yang diduga merupakan peninggalan Nabi Sulaiman. Bekas penambangan tersebut terletak di Yordania bagian selatan. Pada masa itu populer dengan seni pandai besi. Lihat QS Al-Anbiya: 80.    

>Haikal Sulaiman

Pada Oktober 2007, sejumlah pekerja menemukan reruntuhan bangunan yang diyakini sebagai kuil Sulaiman. Kuil itu letaknya di sebelah Masjid Al-Aqsa di Yerussalem. Meski ta ada yang bisa memastikan, tapi Zionis Israel percaya Kuil Sulaiman berada di bawah Masjid Al-Aqsa. 

>Istana

Seorang arkeolog Israel pernah mengumumkan penemuannya yang diyakini sebagai bekas istana kerajaan Nabi Dawud dan Sulaiman yang terletak di Yerusalem. Di lokasi  tersebut juga ditemukan sebuah situs yang dinamakan struktur batu melangkah. Lagi-lagi ini hanya klaim sepihak yang belum teruji.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: Harian Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement