Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Gubernur Jabar Bantu 6 Ventilator untuk Kota Depok

Jumat 02 Oct 2020 15:39 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau fasilitas Labkesda Kota Depok, Cimanggis, Jawa Barat, Jumat (2/10). Dalam sehari Labkesda tersebut mampu menerima 250 spesimen tes usap PCR yang berasal dari puskesmas dan rumah sakit di wilayah Depok.Prayogi/Republika

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau fasilitas Labkesda Kota Depok, Cimanggis, Jawa Barat, Jumat (2/10). Dalam sehari Labkesda tersebut mampu menerima 250 spesimen tes usap PCR yang berasal dari puskesmas dan rumah sakit di wilayah Depok.Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika
Bantuan itu untuk membantu mempercepat penanganan dan pencegahan Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, memberikan bantuan enam alat bantu pernapasan (ventilator) dan sejumlah barang kesehatan lainnya ke Kota Depok. Bantuan itu untuk membantu mempercepat penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kota Depok.

"Kami ke Depok membawa bantuan kesehatan, ini bentuk kepedulian serta rasa cinta kami kepada Kota Depok. Kami ingin memberikan support dukungan agar semuanya bisa kompak dalam penanganan Covid-19 di Kota Depok," ujar Ridwan Kamil di Balai Kota Depok, Jumat (2/10).

Baca Juga

Menurut gubernur yang akrab di sapa Kang Emil ini, kehadirannya berkantor di Kota Depok tidak hanya memberikan bantuan materiil. Karena tentu juga memberi dukungan moril agar koordinasi antaradaerah dan provinsi semakin terjalin dengan baik. "Setiap saat penanganan Covid-19 berubah-ubah. Bukan karena inkonsisten tapi virus ini adalah musuh yang tidak kasat mata. Jadi kuncinya harus semangat," terangnya.

Menurut Kang Emil, Kota Depok termasuk penyumbang terbesar kasus konfirmasi positif Covid-19 bersama Bogor dan Bekasi di Jabar. Permasalahan ini tidak bisa dihindari karena letak daerah tersebut yang sangat dekat dengan Jakarta.

"Maka itu usaha  kita harus lebih keras lagi, kita menyamakan frekuensi, harus semangat lagi karena saya ingin Kota Depok menjadi yang terdepan dalam penanganan Covid-19. Maka saya akan melakukan penanganan dengan berkantor di Kota Depok," tuturnya.

Enam ventilator bantuan Gubernur Jabar akan disalurkan akan diberikan ke enam Rumah Sakit yakni RSUD Kota Depok, RS Melia Cibubur, RS Hermina, RS Bunda Margonda, RS HGA dan RS Sentra Medika Cisalak.

Selain Ventilator, juga dibantu 5.000 alat rapid test, 2.000 lancet, 400 sarung tangan, 40 safety box, 500 alat pelindung diri, 10 ribu tablet Oseltamivir dan 2000  Virus Transport Medium (VTM).

Kemudian, 12.500 masker, 2.000 handscoon, 500 hazmat, 400 obat tetes mata, 300 alkohol swab, 150 goggles, 125 botol vitamin C, 100 jerigen hand sanitizer, 100 hair cap dan 100 shoes cap. Selain itu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok juga turut mendapat bantuan antara lain 25 ribu susu kambing bubuk, 4.250 susu cair, 1.000 makser kain dan 100 hand sanitizer.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA