Sabtu 03 Oct 2020 05:31 WIB

Rasulullah Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya

Semua pemimpin diingatkan Rasulullah dimintakan pertanggungjawaban.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Rasulullah Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya. Foto: Ilustrasi Rasulullah
Foto: Pixabay
Rasulullah Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya. Foto: Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya mengingatkan bahwa setiap manusia adalah pemimpin dan pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Begitu pula agama Islam mengajarkan agar manusia menjadi pemimpin yang baik, adil, jujur, amanah dan bijaksana.

Abdullah bin Umar mengatakan, Rasulullah SAW berkata, "Ketahuilah bahwa setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya, seorang pemimpin umat manusia adalah pemimpin bagi mereka dan ia bertanggung jawab dengan kepemimpinannya atas mereka."

"Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia bertanggung jawab atas mereka, seorang wanita adalah pemimpin bagi rumah suaminya dan anaknya, dan ia bertanggung jawab atas mereka."

"Seorang budak adalah pemimpin bagi harta tuannya, dan ia bertanggung jawab atasnya. Maka setiap dari kalian adalah adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas kepemimpinannya." (HR Abu Dawud).

Nabi Muhammad SAW dalam hadis lainnya juga mengingatkan agar manusia tidak meminta dijadikan pemimpin atau meminta jabatan. Karena tanggung jawab seorang pemimpin di dunia dan akhirat sangat berat.

Abdurrahman bin Samurah berkata, Rasulullah SAW bersabda kepadaku, "Wahai Abdurrahman, janganlah kamu meminta jabatan, sebab jika kamu diberi jabatan karena permintaan maka tanggung jawabnya akan dibebankan kepadamu. Namun jika kamu diangkat tanpa permintaan, maka kamu akan diberi pertolongan." (HR Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement