Jumat 02 Oct 2020 13:05 WIB

FORMULA Gandeng BAZNAS Bantu Korban Banjir Sukabumi

Korban banjir di dua kecamatan Sukabumi mendapat 2.000 hygiene kit dari FORMULA

Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi makanan, minuman, perawatan tubuh, FORMULA (Orang Tua Group) menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan berupa hygiene kit untuk korban banjir di dua kecamatan, yakni Cicurug dan Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat, sejak Selasa (29/9).
Foto: BAZNAS
Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi makanan, minuman, perawatan tubuh, FORMULA (Orang Tua Group) menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan berupa hygiene kit untuk korban banjir di dua kecamatan, yakni Cicurug dan Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat, sejak Selasa (29/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang produksi makanan, minuman, perawatan tubuh, FORMULA (Orang Tua Group) menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan berupa hygiene kit untuk korban banjir di dua kecamatan, yakni Cicurug dan Parung Kuda, Sukabumi, Jawa Barat, sejak Selasa (29/9). 

Bantuan hygiene kit berupa alat kesehatan gigi dan mulut yang disalurkan sebanyak 2.000 pieces, terdiri dari 1.000 pieces pasta gigi Formula dan 1000 pieces sikat gigi Formula. Direktur Utama BAZNAS, M Arifin Purwakananta mengapresiasi FORMULA (Orang Tua Group) yang mempercayakan kepada BAZNAS dalam kegiatan bantuan kemanusiaan. Pemberian bantuan hygiene kit ini tentunya sangat membantu kebutuhan pengungsi dalam menjaga kesehatan mereka selama tinggal di pengungsian.

“Belum lepas dari kondisi terdampak pandemi Covid-19, warga desa di dua Kecamatan di Sukabumi  harus dihadapkan pada musibah banjir bandang yang memporak porandakan rumah mereka. Kami mengucapkan terima kasih kepada Orang Tua Group khususnya Brand FORMULA yang turut melibatkan BAZNAS untuk bergerak bersama membantu pemenuhan kebutuhan kesehatan para warga terdampak banjir,” ujar Arifin, dalam keterangannya, Jumat (2/10).

Bantuan hygiene kit ini, lanjut Arifin, tentunya sangat bermanfaat selain bantuan logistik makanan, mengingat menjaga kebersihan di tempat pengungsian yang terkadang sering terabaikan. 

“Lewat penyaluran donasi ini, BAZNAS mengajak masyarakat untuk ikut serta bahu membahu meringankan beban para warga terdampak banjir. BAZNAS siap membantu mendistribusikan dan melayani agar mereka bisa kembali bangkit ke kehidupan mereka dengan normal,” ucap Arifin.

Sebelumnya banjir bandang melanda Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banjir yang bermula dari hujan dengan intensitas tinggi Senin (22/9) tersebut, membuat Sungai Citarik-Cipeuncit meluap hingga mengakibatkan sejumlah rumah, beberapa bangunan pabrik,  dan kendaran terbawa arus.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Sukabumi, hingga Sabtu (26/9), data menyebutkan jumlah warga yang terdampak bencana banjir bandang Cibuntu mencapai 1.107 jiwa dari 327 kepala keluarga (KK). Dari 1.107 jiwa yang terdampak, tiga orang diantaranya meninggal dunia, dan 10 orang mengalami luka-luka. 

Karena rumahnya mengalami kerusakan berat dan hanyut terspau banjir, beberapa warga saat ini masih mengungsi di beberapa lokasi, seperti fasilitas umum, di rumah kerabat maupun tempat lainnya.

Hingga saat ini, BAZNAS juga telah melakukan assessment dan memberikan berbagai macam bantuan diantaranya layanan kesehatan, pendistibusian logistik bahan makanan untuk warga, menurunkan personel membantu pembangunan jembatan darurat serta proses pipanisasi air bersih untuk warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement