Jumat 02 Oct 2020 10:53 WIB

Musim Hujan di Bandung Diprediksi Akhir Bulan Ini

Warga diimbau antisipasi potensi banjir di daerah sekitar aliran sungai.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah warga melintasi genangan air saat banjir di ruas Jalan Raya Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah warga melintasi genangan air saat banjir di ruas Jalan Raya Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memperkirakan awal musim hujan di Kota Bandung akan berlangsung  pada akhir Oktober. Saat ini, cuaca sedang memasuki masa pancaroba atau masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

"Untuk Kota Bandung, awal musim hujan di akhir Oktober. Saat ini masa pancaroba," ujar Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya saat dihubungi, Jumat (2/10).

Ia mengingatkan masyarakat agar segera mengantisipasi potensi banjir di daerah sekitar aliran sungai jelang musim hujan. Selain itu, antisipasi lain yang harus dilakukan adalah potensi longsor di wilayah perbukitan saat curah hujan tinggi.

Menurutnya, di Jawa Barat awal musim hujan bervariasi di tiap daerah. Namun, katanya secara umum awal musim hujan terjadi pada bulan Oktober dan November 2020. Pihaknya mencatat hujan terjadi di beberapa daerah seperti di sebagian Bogor Barat, Kota Bogor, Sukabumi Utara, Kota Sukabumi.

 

Selain itu, katanya di Sukabumi Selatan, Cianjur Utara, Garut Selatan, Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran. "Pada masa transisi, waspadai potensi cuaca ekstrim. Jaga kesehatan," katanya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Hendra Hidayat mengungkapkan peta rawan bencana longsor di wilayah Kabupaten Bandung. Menurutnya, di beberapa kecamatan terdapat potensi longsor.

Ia menjelaskan potensi rawan longsor berada di sebagian Kecamatan Cimenyan, Kecamatan Cilengkrang, Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Nagreg, Kecamatan Paseh. Kecamatan Cikancung dan Kecamatan Ibun. Kecamatan Pacet, Kertasari, Pangalengan, Arjasari, Cimaung. Kecamatan Pasirjambu, Rancabali, Ciwidey dan sebagian kecil Kecamatan Soreang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement