Kamis 01 Oct 2020 21:13 WIB

Kasus Covid Klaster Kondangan di Temanggung Capai 40 Orang

Kasus positif Covid-19 dari klaster kondangan di Temanggung bertambah 13 orang.

Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster kondangan di lingkungan Coyudan, Kelurahan Kauman Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terus bertambah. Saat ini jumlahnya mencapai 40 orang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, Kamis (1/10) ini yang dinyatakan positif Covid-19 ada 13 orang sehingga jumlahnya menjadi 40 orang.

"Sebanyak 40 kasus tersebut terdeteksi mulai 23 September 2020 hingga 1 Oktober 2020. Sebagian besar di antara mereka menjalani karantina di BLK Temanggung," katanya di Temanggung.

Menurut dia, meskipun di wilayah itu banyak ditemukan kasus Covid-19 tidak akan dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat di daerah tersebut. "Kabar akan adanya penutupan wilayah dan pasar hanya isu saja, masyarakat jangan mudah percaya," katanya.

Ia menuturkan pihaknya bersama tim dari gugus tugas tingkat kecamatan dan kelurahan akan lebih memperketat penerapan protokol kesehatan di wilayah tersebut. Akses jalan dan fasilitas umum lainnya akan lebih diperketat lagi.

Selain langkah tersebut, katanya, Kamis ini petugas PMI sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh wilayah yang masuk dalam administrasi Kelurahan Kauman Parakan. "Upaya-upaya untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 di wilayah ini terus kami tingkatkan," katanya.

Ia berharap masyarakat di kelurahan Kauman Parakan ini bisa meningkatkan disiplin protokol kesehatan, kewajiban memakai masker saat keluar rumah harus dipatuhi, mencuci tangan dan menjaga kebersihan serta kesehatan juga dilakukan oleh semua warga.

Lurah Kauman Parakan Bambang Sumardiyanto mengatakan, Kelurahan Kauman Parakan terdiri atas 16 RW dan kasus Covid-19 menyebar di 9 RW, paling banyak di RW 13 atau lingkungan Coyudan.

"Paling banyak memang dari klaster kondangan itu, warga yang ikut kondangan paling banyak dari Coyudan," katanya.

Ia menyampaikan di awal ditemukannya kasus Covid-19 di Kelurahan Kauman ini memang sempat membuat warga merasa ketakutan. Namun, setelah dilakukan sosialisasi dan pendekatan terhadap masyarakat, kini sudah mulai mengerti dan memahami.

“Ketakutan pasti ada, harapan kami perekonomian tetap berjalan protokol kesehatan juga wajib dilakukan,” katanya.

Total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung sebanyak 442 orang, 325 orang di antaranya telah sembuh, 21 orang meninggal, dan saat ini ada 96 pasien Covid-19. Dari 96 pasien tersebut, 10 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 86 mejalani isolasi mandiri di rumah dan karantina di BLK Temanggung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement