Jumat 02 Oct 2020 01:25 WIB

Google Dikabarkan Hanya akan Produksi 800 Ribu Unit Pixel 5

Pasar smartphone diperkirakan masih akan lesu tahun ini, Google batasi produksi.

Google Pixel 5
Foto: gsm arena
Google Pixel 5

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google berencana memproduksi kurang dari 1 juta smartphone Pixel 5 tahun ini. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan perangkat andalan Google tahun lalu.

Menurut sumber kepada Nikkei Asia, dikutip Kamis (1/10), produksi Pixel 5 diperkirakan hanya 800.000 unit. Selain ponsel tersebut, Google juga memperkenalkan Pixel 4A (5G) dan Pixel 4A dengan harga yang lebih terjangkau.

Baca Juga

Produksi awal untuk ketiga model tersebut tahun ini ditetapkan hanya 3 juta unit. Total penjualan ponsel Google tahun lalu turun di bawah target perusahaan, sementara permintaan pasar tahun ini terpukul oleh pandemi virus corona.

Tahun lalu, Google mengirimkan 7,2 juta smartphone Pixel, menurut perusahaan riset IDC. Angka tersebut gagal mencapai target perusahaan sebanyak 8 juta hingga 10 juta unit.

Penjualan ponsel andalan Google tahun lalu, Pixel 4, dilaporkan sangat lemah. Selama enam bulan pertama tahun 2020, Google hanya mengirimkan 1,5 juta smartphone. Kinerja ini menurun tajam dari 4,1 juta unit yang terjual pada paruh pertama tahun lalu, ketika Google memperkenalkan model budget pertamanya, Pixel 3A, menurut data IDC.

Sementara itu, sumber mengatakan kepada Nikkei bahwa COVID-19 memberikan pukulan lebih lanjut pada rencana Google tahun ini dengan menunda produksi Pixel 4A dari musim semi hingga Agustus.

Model dengan harga lebih murah, seperti 4A umumnya memiliki margin yang lebih kecil tetapi membantu meningkatkan volume pengiriman.

Pandemi juga telah mengganggu rencana diversifikasi agresif Google untuk memproduksi semua ponsel baru - termasuk seri Pixel 5 dan Pixel 4A - di Vietnam tahun ini.

Sejauh ini, hanya seri Pixel 4A yang memasuki produksi di negara tersebut. Sementara ponsel andalan Pixel 5 saat ini masih diproduksi di Shenzhen, China.

"Google memberikan perkiraan pesanan yang relatif konservatif tahun ini karena Pixel 4 andalannya tidak laku tahun lalu, dan COVID-19 menyebabkan tim mereka memilih aman terkait handset untuk saat ini," kata sumber kepada Nikkei.

Meski begitu, sumber tersebut menambahkan, volume produksi dapat disesuaikan tergantung pada bagaimana pasar bereaksi setelah ponsel dirilis.

Dibandingkan dengan Oppo dan Xiaomi yang secara agresif merebut pangsa pasar luar negeri dari Huawei, terutama di Eropa, Google belum mendapatkan keuntungan signifikan dari kemunduran raksasa teknologi asal China itu.

Secara keseluruhan, industri smartphone diperkirakan turun 9,5 persen pada pengiriman tahun 2020.

"Kami sebelumnya mengira 5G bisa menjadi momentum pertumbuhan baru untuk penjualan ponsel pintar tahun ini, tetapi ketika wabah virus corona melanda dunia, semua komitmen infrastruktur 5G melambat secara signifikan di seluruh dunia," kata analis IDC, Joey Yen.

Dia mengatakan saat pandemi,  orang akan membeli perangkat lain seperti notebook, TV, dan kebutuhan sehari-hari daripada meng-upgrade barang elektronik konsumen. Dia tidak melihat euforia khusus untuk pasar ponsel cerdas tahun ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement