Jumat 02 Oct 2020 01:55 WIB

Layanan Gofood Gojek Diklaim Ungguli 46 Aplikasi di Dunia

Gofood disebut lebih unggul daripada Ubereats, Swiggy, dan Zomato.

Aplikasi Gofood dari Gojek disebut unggul di atas aplikasi antar makanan terkemuka dunia, seperti Ubereats asal Amerika Serikat, Swiggy dan Zomato asal India, dan aplikasi dari jaringan supermarket raksasa Walmart asal Amerika Serikat.
Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Aplikasi Gofood dari Gojek disebut unggul di atas aplikasi antar makanan terkemuka dunia, seperti Ubereats asal Amerika Serikat, Swiggy dan Zomato asal India, dan aplikasi dari jaringan supermarket raksasa Walmart asal Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek mengeklaim, layanan Gofood meraih peringkat nomor satu di dunia sebagai aplikasi paling ramah pengguna (user experience/UX). Sementara itu, untuk kategori pengalaman pelanggan (customer experience/CX), Gofood menempati posisi terbaik kedua.

Pengakuan ini didasarkan pada hasil riset global independen oleh lembaga riset global UXalliance, Usaria, dan Somia CX berjudul "Delivery Apps in Time of Covid-19: Global Benchmark" (Aplikasi Pengantaran di masa Covid-19: Tolok Ukur Global). Riset itu melibatkan 47 aplikasi sejenis di 17 negara.

Baca Juga

"Seperti halnya semua layanan di Gojek, pengalaman pelanggan yang menyenangkan merupakan fokus utama Gofood yang didasari oleh inovasi teknologi," ujar Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Di masa pandemi Covid-19, menurut Catherine, Gojek melalui Gofood terus mencari jalan agar layanannya dapat mendukung para pengguna untuk beradaptasi. Pihaknya juga ingin menciptakan manfaat lebih bagi para mitra di ekosistemnya.

 

Riset dilakukan terhadap 47 aplikasi pengantaran belanja harian dan pesan-antar makanan di 17 negara di Eropa, Amerika, Afrika, Asia, dan Australia. Penelitian tersebut bertujuan untuk memahami bagaimana Covid-19 memengaruhi pengalaman pengguna aplikasi dan layanan serta mengidentifikasi kunci kesuksesan berbagai aplikasi di dunia beradaptasi selama pandemi.

Dari semua aplikasi yang dinilai, Gofood mendapat skor 97 persen dalam kategori keramahan pengguna (UX), skor 84 persen dalam pengalaman pelanggan (CX), serta skor sempurna 100 persen untuk peringkat kegunaan (usefulness rank). Gofood disebut unggul di atas aplikasi antar makanan terkemuka dunia, seperti Ubereats asal Amerika Serikat, Swiggy dan Zomato asal India, dan aplikasi dari jaringan supermarket raksasa Walmart asal Amerika Serikat.

"Hal penting yang turut kami sadari, kesuksesan kami tidak akan terjadi tanpa mitra driver dan mitra usaha sebagai bagian vital dari ekosistem Gofood," kata Catherine.

Gojek telah mengembangkan berbagai inovasi, seperti pengiriman tanpa kontak dan penambahan kategori siap masak serta inisiatif pendistribusian kupon paket makanan untuk mitra driver yang disediakan oleh mitra UMKM Gofood.

Secara keseluruhan dan sejak awal pandemi, Gojek telah menjalankan inisiatif dan protokol Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan atau dikenal dengan J3K untuk memastikan seluruh ekosistem termasuk mitra dan pelanggan dapat tetap beraktivitas dan menjalani keseharian dengan produktif tanpa ada biaya tambahan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement