Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Muenchen Raih Gelar Super Jerman, Kimmich Masih Belum Puas

Kamis 01 Oct 2020 18:19 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Joshua Kimmich (tengah) ke gawang Borussia Dortmund.

Para pemain Bayern Munchen merayakan gol yang dicetak Joshua Kimmich (tengah) ke gawang Borussia Dortmund.

Foto: EPA-EFE/Federico Gambarini
Kemenangan di ajang Piala Super Eropa melengkapi kesuksesan Muenchen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund mengantarkan Bayern Muenchen meraih trofi kelima pada sepanjang tahun ini, Kamis (1/10) dini hari WIB. Die Bayern sukses memboyong trofi Piala Super Jerman 2020 lewat tiga gol, yang masing-masing dicetak oleh Corentin Tolisso, Thomas Mueller, dan Joshua Kimmich, dalam laga yang digelar di Stadion Allianz Arena.

Kemenangan di ajang Piala Super Eropa melengkapi kesuksesan Muenchen pada sepanjang tahun ini. Pada gelaran musim lalu, tim besutan Hansi Flick itu berhasil menjadi treble winners dengan memboyong titel Bundesliga, trofi DFB Pokal, dan gelar juara Liga Champions. 

Selain itu, Muenchen juga menjadi yang terbaik di ajang Piala Super Eropa setelah mengalahkan juara Liga Europa, Sevilla, 2-1, akhir bulan lalu. Sementara di Piala Super Jerman, Muenchen berhasil membungkam seteru sengitnya, Borussia Dortmund, 3-2. 

Di laga tersebut, Muenchen mampu unggul dua gol terlebih dahulu saat laga belum genap 40 menit, tepatnya lewat torehan Corentin Tolisso pada menit ke-11 dan dan Thomas Mueller pada menit ke-38. Namun, keunggulan ini tidak bisa dipertahankan Muenchen. Dortmund berhasil menyamakan kedudukan gol yang dicetak Julian Brandt dan Erling Haaland.

Beruntung, Muenchen masih memiliki Joshua Kimmich. Pemain asal Jerman itu menjadi pahlawan kemenangan Die Bayern. Setelah merebut bola di lapangan tengah, Kimmich langsung melakukan umpan satu-dua dengan Lewandowski. Meski bola sepakannya sempat bisa dihalau kiper Dortmund, tapi Kimmich bisa menyambar bola pantulan tersebut.

Gol ini sekaligus membawa Muenchen memastikan kemenangan atas Dortmund di laga bertajuk Der Klassiker tersebut. Kendati senang dan bangga bisa membawa Muenchen kembali meraih trofi, tapi Kimmich justru merasa kurang puas, terutama terhadap performa Muenchen secara keseluruhan di laga tersebut. 

''Harus diakui, itu bukanlah penampilan terbaik kami. Namun, dengan mentalitas yang kami miliki, kami bisa meraih gelar juara tersebut. Kami bisa mencetak dua gol mesti mengawali laga dengan kurang baik. Seharusnya, kami bisa lebih pintar dari itu. Kami kebobolan dua gol lantaran ceroboh dalam mempertahankan pengusaan bola,'' tutur Kimmich seperti dilansir laman resmi klub, Kamis (1/10).

Buat Muenchen, kemenangan atas Dortmund ini menjadi obat dari kekecewaan lantaran mengalami kekalahan yang dialami Muenchen di pentas Bundesliga. Pada akhir pekan lalu, Muenchen secara mengejutkan dibekap Hoffenheim, 4-1, di laga lanjutan Bundesliga. Kekalahan itu pun sekaligus mengakhiri rekor tidak terkalahkan Muenchen di 32 laga di semua ajang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA