Kamis 01 Oct 2020 14:26 WIB

Google Umumkan Perangkat Chromecast Baru

Google membenamkan software Google TV pada OS Chromecast baru.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi Google)
Foto: Flickr
(Foto: ilustrasi Google)

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google mengumumkan beberapa perangkat baru pada event Kamis (1/10) dini hari. Google mengumumkan dua ponsel baru, serta Chromesat baru bersamaan dengan google TV.

Setelah tujuh tahun di pasaran, Google akhirnya memberikan Chromecast fitur yang paling banyak diminta, yakni remote control. Pada Rabu (30/9), perusahaan mengumumkan peluncuran Chromecast baru yang juga menjalankan software baru.

Baca Juga

Nama resminya adalah Chromecast with Google TV. Google membenamkan software Google TV pada OS  Chromecast baru.

Dilansir dari The Verge, Kamis (1/10), Chromecast with Google TV akan dibanderol dengan 49,88 dolar AS dan tersedia di AS mulai Rabu (30/9).

Chromecast with Google TV tersedia dalam tiga warna yaitu, abu-abu, merah mudah dan biru. Ini juga tersedia untuk pre order di beberapa negara lain, termasuk Australia, Kanada, Prancis, Jerman,Irlandia, Italia, Spanyol dan Inggris Raya.

Chromecast baru memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Chromecast Ultra atau Chromecast lama. Perangkat ini mendukung 4K HDR hingga 60 frame per detik dan Dolby Vision.

Chromecast baru masih berupa dongle HDMI yang pengguna colokkan ke bagian belakang TV alih-alih menjadi kotak kecil yang diletakkan di bawahnya. Perangkat tersebut juga masih mendukung semua fungsi cast yang sama.

Namun kini Chromecast menjalankan Google TV. Perangkat perangkat memiliki interface di layarnya sendiri yang bisa dinavigasikan dengan remote control. Interfacenya terlihat cukup standar untuk streaming box.

Ada tombol power dan volume untuk mengatur TV dan sound system. Tak hanya itu, ada input button, yang berarti pengguna tidak akan perlu meraih remote lain untuk beralih Chromecast jika HDMI-CEC gagal.

Selain itu, ada satu lagi tombol yang sangat menarik di remote, Netflix. Google menolak untuk mengungkapkan detail apa pun tentang negosiasi yang mengarah ke tombol tersebut. Tombol itu berada di sebelah tombol YouTube dan tentu saja ada juga tombol Asisten Google.

Mengenai konten yang didukung, Google TV mencakup semua yang dilakukan Android TV dan memiliki integrasi khusus untuk YouTube TV.

Anehnya, Chromecast baru tidak dapat melakukan apa yang dapat dilakukan Chromecast Ultra lama, yakni streaming game Stadia. Sebaliknya, Google mengatakan Stadia akan tersedia untuk itu pada paruh pertama 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement