Kamis 01 Oct 2020 12:30 WIB

Ini Tiga Lokasi Baru Isolasi Mandiri di Jakarta

Tiga lokasi baru isolasi mandiri pasien Covid-19 itu mampu menampung 397 pasen OTG.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus Yulianto
Suasana Graha Wisata Ragunan yang disiapkan menjadi lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Graha Wisata Ragunan menyiapkan 76 kamar yang dapat menampung 152 pasien isolasi orang tanpa gejala (OTG) COVID-19.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Suasana Graha Wisata Ragunan yang disiapkan menjadi lokasi isolasi mandiri pasien COVID-19 di Jakarta, Rabu (30/9/2020). Graha Wisata Ragunan menyiapkan 76 kamar yang dapat menampung 152 pasien isolasi orang tanpa gejala (OTG) COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani mengatakan, tiga lokasi baru isolasi mandiri pasien Covid-19 yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta sedang dalam proses persiapan. Fify menyebut, tiga lokasi itu akan segera digunakan. "Secepatnya (bisa digunakan), sedang proses," kata Fify saat dihubungi, Kamis (1/10).

Adapun ketiga tempat isolasi mandiri itu, yakni Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre), Jakarta Utara; Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; dan Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan. Fify mengungkapkan, pasien Covid-19 dapat menjalani isolasi mandiri di tiga lokasi tersebut tanpa dibatasi domisili asal pasien atau berdasarkan kartu tanda pengenal (KTP). 

"Disiapkan oleh Pemprov DKI, tidak mengikat (berdasarkan domisili pasien Covid-19)," ujar Fify.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Seksi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana JIC Mifta Huda menuturkan, pihaknya siap menerima pasien Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri mulai pekan depan. "Kalau siapnya, minggu depan sudah siap (menerima pasien Covid-19)," kata Mifta dalam video yang disiarkan melalui akun Youtube JIC.

Mifta mengungkapkan, nantinya setiap kamar memilki fasilitas kamar mandi, meja makan, pendingi ruangan (AC), hingga koneksi Wi-Fi. "Setiap kamar ada tiga bed (tempat tidur), ada yang dua bed, dan satu bed," papar Mifta.

Mifta menambahkan, pasien yang nantinya menjalani isolasi mandiri di JIC juga akan tergabung dalam suatu grup WhatsApp. Tujuannya, untuk saling bertukar informasi. "Ada WhatsApp grup buat informasi keagamaan," tutur Mifta.

Adapun tiga lokasi baru isolasi mandiri pasien Covid-19 itu diketahui mampu menampung total sebanyak 397 pasien tanpa gejala maupun dengan gejala ringan. Setiap lokasi memiliki kapasitas yang berbeda. Graha Wisata Ragunan mampu menampung 152 orang, Graha Wisata TMII 125 orang, dan JIC 120 orang. 

Total ada 166 kamar yang disediakan pada tiga lokasi isolasi mandiri tersebut. sebanyak 48 kamar berada di Graha Wisata TMII, 52 kamar di JIC, dan 66 kamar di Graha Wisata Ragunan.

Tiga tempat isolasi mandiri tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) nomor 979 tahun 2020 tentang Lokasi Isolasi Terkendali Milik Pemprov DKI Jakarta Dalam Rangka Penanganan Covid-19. Kepgub itu diteken oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2020 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement