Kamis 01 Oct 2020 05:07 WIB

BPBD Lebak Minta Warga tidak Panik Soal Potensi Tsunami

Potensi tsunami di Kabupaten Lebak terdapat di enam kecamatan

BPBD Lebak Minta Warga tidak Panik Soal Potensi Tsunami (ilustrasi)
Foto: Republika TV
BPBD Lebak Minta Warga tidak Panik Soal Potensi Tsunami (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat di pesisir pantai selatan Jawa agar tidak panik menghadapi potensi tsunami setinggi 20 meter hasil penelitian Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Kami berharap masyarakat tetap tenang," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksanakan BPBD Kabupaten Lebak Ajis Suhendi, Rabu.

Potensi tsunami di Kabupaten Lebak terdapat enam kecamatan antara lain Kecamatan Malingping, Cihara, Panggarangan, Bayah, Cilograng dan Wanasalam. Sebab, di daerah itu berhadapan dengan Perairan Samudera Hindia dan memiliki potensi megathrust yang bisa memicu gelombang tsunami.

Karena itu, pemerintah telah mempersiapkan dengan membangun gedung shelter untuk menampung ribuan orang di Kecamatan Wanasalam. Selain itu juga membangun jalur evakuasi, pemasangan sirine dan simulasi untuk mengurangi risiko kebencanaan.

Begitu juga BPBD Lebak mengoptimalkan kegiatan sosialisasi edukasi mitigasi bencana agar masyarakat dapat menyelamatkan diri secara mandiri. "Kami yakin melalui persiapan dan edukasi mitigasi itu diharapkan dapat meminimalisasi kerugian akibat bencana alam itu," ujarnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement