Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Waktu yang Tepat Mengonsumsi Telur

Rabu 30 Sep 2020 18:52 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Telur (ilustrasi).

Telur (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Dari beberapa penelitian, makan telur malam hari dapat membantu Anda tidur nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Telur menjadi salah satu makanan yang dicintai dan dimakan banyak orang. Telur mengandung beberapa nutrisi sehat dan merupakan salah satu sumber protein lengkap terbaik.

Manfaatnya serbaguna, mudah dimasak, dan tidak terlalu mahal. Semua hal tersebut memudahkan orang untuk menambahkannya ke dalam menu makanan sehari-hari.

Anda bisa merebus, mengaduk, dan menyantapnya dengan roti panggang atau memasangkannya dengan berbagai sayuran. Tapi seperti setiap hal lainnya, ada waktu baik dan buruk untuk makan telur. Jika dimakan pada waktu yang tepat, manfaat telur bisa bertambah banyak seperti dilansir di laman Times of India, Rabu (30/9).

1. Saat sarapan

Telur adalah menu sarapan yang sempurna, meski Anda kekurangan waktu. Hanya membutuhkan lima hingga 10 menit untuk menyiapkan hidangan yang terbuat dari telur. Selain itu, telur kaya akan nutrisi seperti seng, magnesium, zat besi, dan yang paling penting dari semua protein. Sarapan kaya protein dapat membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Anda pun dapat berkonsentrasi pada pekerjaan Anda dan mengurangi berat badan.

2. Setelah latihan fisik

Makanan berprotein tinggi ini sangat cocok untuk rasa lapar pascaolahraga. Ini meningkatkan rasa kenyang, memberikan energi, dan membantu memperbaiki otot. Tubuh kita membutuhkan lebih banyak nutrisi baik untuk memperbaiki dirinya sendiri dalam fase istirahat dan tidak ada yang lebih baik dari telur. Ini ringan dan bisa menjadi pilihan ngemil yang sempurna di antara waktu makan. Dua telur rebus utuh atau telur dadar dengan beberapa tomat, capsicum, dan bayam dapat memberi Anda energi secara instan.

3. Pada malam hari

Pandangan tentang makan telur pada malam hari terbagi. Berdasarkan beberapa penelitian, telur bisa menjadi pilihan ngemil setelah makan malam yang sehat, sementara menurut penelitian lainnya telur dapat menyebabkan sulit tidur.

Gangguan tidur setelah makan telur adalah hal biasa di antara orang yang menderita penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Kandungan lemak pada kuning telur dapat menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan gangguan pada tidur. Namun, menurut beberapa penelitian lain, makan telur pada malam hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ketika berbicara tentang makan telur pada malam hari, Anda harus memeriksa apa yang cocok untuk Anda. Jika Anda tidak menghadapi masalah apa pun maka Anda bisa merebus atau merebus telur di malam hari, kalau tidak lebih baik dihindari.

4. Menurunkan berat badan

Anda dapat mencoba berbagai resep untuk menambah variasi di piring Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan manfaat makan telur. Pertama selalu siapkan telur dalam minyak sehat. Gunakan sedikit minyak untuk memasak telur. Jangan terlalu matang karena dapat menyebabkan penipisan nutrisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA