Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Lima Cara Mudah Siapkan Rumah untuk Rapat Zoom

Rabu 30 Sep 2020 16:01 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Aplikasi video konferensi Zoom.

Aplikasi video konferensi Zoom.

Foto: EPA
Beberapa program video call memungkinkan Anda menggunakan latar belakang virtual

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda bekerja dari rumah, biasanya hanya ada sedikit waktu untuk membereskan rumah Anda sebelum rapat virtual via Zoom.

Menurut desain interior rumah Neptune, kita adalah makhluk yang memiliki kebiasaan, sehingga mudah untuk mengabaikan fakta bahwa ruang kerja dan tempat duduk Anda saat melakukan video call tidak harus berada di tempat yang sama.

Berikut beberapa cara untuk bersiap menghadapi rapat virtual, dilansir di Irish Examiner, Rabu (30/9).

1. Pindah

"Jauhkan laptop Anda dari meja di sudut gelap dan buat diri Anda nyaman di kursi berlengan penuh gaya," kata Meaghan Hunter, stylist di Neptune.

Relokasi untuk rapat video adalah salah satu solusi, tetapi Anda juga dapat menggunakan bekerja dari rumah sebagai inspirasi untuk menemukan tempat yang lebih baik untuk kantor.

Beberapa orang cukup beruntung memiliki kamar tak terpakai di rumahnya. Dan yang dibutuhkan hanyalah mengecat dinding atau menggantungkan pigura untuk menyegarkan ruang.

Namun kebanyakan orang tinggal, dan sekarang bekerja di ruang terbuka, di mana ini adalah tantangan untuk menjaga tampilan latar video call tetap bagus.  

Beberapa program video call memungkinkan Anda menggunakan latar belakang virtual. Namun, cara yang lebih profesional dan bergaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan meletakan pot di ruangan Anda.

"Jika Anda tidak memiliki koleksi tanaman rumah, Anda masih bisa mendapatkan efek gaya dengan tumpukan buku bersampul tebal atau foto keluarga yang menarik," tambah Meaghan.

2. Dinding Kosong

Jika semuanya gagal, dinding kosong sebagai latar belakang Anda mungkin agak kusam, tetapi ini tentu saja merupakan perbaikan pada pemandangan yang tidak rapi dan mengganggu yang tentunya terlihat tida profesional.

Tambahkan vas bunga, lampu atau lilin (pastikan untuk menyalakannya sebelum rapat) dan Anda memiliki latar belakang yang menunjukkan bahwa rumah Anda adalah tempat yang tenang, dan tidak ada rekan kerja Anda yang perlu tahu sebaliknya.

Ahli make up Charlotte dan Sofia Tilbury telah menjadi ahli dalam beberapa bulan terakhir dalam memberikan kelas master mereka dari ruang rumah. Dengan ini, mereka membuat diri mereka sendiri dan ruangan rumah menjadi sempurna dalam sekejap.

3. Pencahayaan

Sofia telah menekankan tentang pencahayaan, latar belakang dan sudut kamera dan membuat ruangan dan dirinya sendiri siap untuk tampil di Zoom.

"Cahaya alami adalah yang terbaik, jadi saya akan selalu menempatkan kamera Anda tepat di depan Anda atau sedikit di atas Anda, dengan jendela di belakangnya," jelas Sophia.

"Jika Anda tidak mendapatkan cahaya alami, lampu juga bagus. Hindari menggunakan lampu di atas kepala karena dapat menimbulkan terlalu banyak bayangan di wajah," tambahnya.

4. Persiapan

Sofia mengatakan, panggilan Zoom di menit-menit terakhir adalah hal yang biasa saat ini. Jika Anda ingin terlihat bercahaya, sehat, dan tanpa cela, ia menyarankan agar menghabiskan lima menit untuk menyempurnakan kulit Anda.

"Mulailah dengan mengaplikasikan Hollywood Flawless Filter ke bagian atas wajah Anda, tulang pipi, hidung, dahi, dan dagu Anda, lalu padukan dengan kuas untuk memberikan kilau pada kulit Anda!" jelasnya.

5. Latar Belakang

Kembali ke latar belakang, dan untuk membuatnya terlihat seorganik mungkin, letakkan kursi berlengan Anda di dekat jendela, berhati-hatilah saat Anda bekerja dengan cahaya alami, karena itu dapat membentuk bayangan di wajah Anda alih-alih meneranginya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA