Rabu 30 Sep 2020 12:51 WIB

BPBD: Bantuan Korban Banjir Bandang Sigi Terus Mengalir

Sebagian besar bantuan adalah bahan makanan serta peralatan dapur.

BPBD: Bantuan Korban Banjir Bandang Sigi Terus Mengalir. Sejumlah warga berada di dekat tenda pengungsian di Desa Poi, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah. Ilustrasi
Foto: Antara/Basri Marzuki
BPBD: Bantuan Korban Banjir Bandang Sigi Terus Mengalir. Sejumlah warga berada di dekat tenda pengungsian di Desa Poi, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI -- Berbagai bantuan logistik bahan makanan dan kebutuhan lainnya bagi warga korban banjir bandang di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah hingga kini terus mengalir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Asrul, membenarkan sampai sekarang ini penyaluran bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan terus mengalir. Sebagian besar adalah bahan makanan serta peralatan dapur.

Baca Juga

Ia mengatakan meski bencana itu sudah berlangsung hampir sebulan, namun rasa simpati dan empati dari berbagai pihak terus disalurkan kepada korban. "Semua bantuan untuk korban disalurkan ke posko induk bencana alam yang ada di desa itu," kata Asrul, Rabu (30/9).

Dia juga menambahkan hingga kini warga yang mengungsi sebagian besar masih bertahan di penampungan yang telah disiapkan pemerintah daerah. Selain puluhan rumah yang rusak diterjang banjir bandang, bencana alam juga merusak areal pertanian dan perkebunan warga setempat.

Rogo merupakan salah satu desa di Kecamatan Dolo Selatan yang selama ini rawan bencana alam banjir, sebab dekat dengan daerah aliran sungai. Saat curah hujan meningkat dan banjir, air sungai meluap hingga ke permukiman penduduk.

Pemerintah Kabupaten Sigi rencananya menormalisasi sungai-sungai yang rawan banjir di Kabupaten Sigi. Untuk tahap pertama, ada tiga sungai yang dinormalkan, yakni Sungai Salua, Sungai Poi, dan Sungai Bangga.

Asrul juga terus mengingatkan masyarakat tetap waspada karena curah hujan di wilayah Sigi masih tinggi. Sigi merupakan daerah di Sulteng yang selama ini banyak dilanda bencana alam banjir bandang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement