Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Tumbuhkan Sikap Jujur, Rumah Zakat Hadirkan Ruang Belanja

Rabu 30 Sep 2020 05:53 WIB

Red: Gita Amanda

Rumah Zakat menginisiasi berdirinya Ruang Belanja di Ruang Baca Kalitambak, Desa Sidomulyo, Purworejo

Rumah Zakat menginisiasi berdirinya Ruang Belanja di Ruang Baca Kalitambak, Desa Sidomulyo, Purworejo

Foto: Rumah Zakat
Konsep Ruang Belanja sama seperti kantin kejujuran

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO -- Dalam rangka menumbuhkan jiwa wirausaha dan sifat kejujuran, Rumah Zakat menginisiasi berdirinya Ruang Belanja di Ruang Baca Kalitambak, Desa Sidomulyo, Purworejo. 

Konsep Ruang Belanja ini sama seperti kantin kejujuran dimana anak bisa belanja dengan menaruh uang dan mengambil kembalian sendiri. Pendirian ruang belanja ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan infak untuk operasional ruang baca, namun susah menerapkan dan ada kekhawatiran penolakan sehingga jadilah adilah ide ruang belanja ini ada.

Dalam peresmiannya, Dedi Runanto selaku Relawan Rumah Zakat mengatakan jika hadirnya Ruang Belanja ini untuk adik-adik berlatih jujur, karena syarat utama calon orang sukses adalah jujur. Nah, adik adik bisa belanja di sini, nanti keuntungan dari ruang belanja ini digunakan untuk adik adik lagi melalui program ruang baca, Senin (28/9).

Nurul selaku peserta Ruang Baca merasa senang. “kalau saya beli, berarti saya berinfak ya pak. Besok kalau jajan disini saja ah,” katanya. 

Ke depan diharapkan akan ada pelatihan bagaimana manajemen stok dan tentu saja jalannya ruang belanja akan dievaluasi terutama apakah anak anak jujur atau tidak dalam transaksi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA