Selasa 29 Sep 2020 19:38 WIB

Turki Dukung Azerbaijan Lawan Armenia, Perang atau Negosiasi

Turki menegaskan, Armenia telah menduduki wilayah Azerbaijan.

Foto yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Armenia, menunjukkan sebuah tank Azerbaijan yang hancur akibat serangan militer Armenia.
Foto: EPA
Foto yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Armenia, menunjukkan sebuah tank Azerbaijan yang hancur akibat serangan militer Armenia.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pemerintah Turki menegaskan dukungan penuhnya buat Azerbaijan. Ankara mengecam langkah Armenia yang menyerang Azerbaijan dengan sewenang-wenang.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlu Cavusoglu mengatakan, Selasa (29/9), Turki mendukung sepenuhnya Azerbaijan baik negosiasi atau perang.  "Kami ingin isu (Nagorno-Karabakh) ini dapat diselesaikan. Kita telah melakukan banyak upaya, tapi semua sia-sia. Kita akan selalu di sisi Azerbaijan, baik di pertempuran atau juga di meja perundingan," ujar Cavusoglu di Ankara setelah berkunjung ke Kedutaan Azerbaijan seperti dilansir Sputnik.

Baca Juga

Menurut Cavusoglu, komunitas internasional salah dengan menempatkan Azerbaijan dan Armenia dalam kedudukan yang sama terkait konflik ini. Padahal, keduanya berbeda karena Armenia telah menduduki wilayah Azerbaijan di Nagorno-Karabakh.

"Kita bilang ke dunia, Armenia dan Azerbaijan tidaklah sama. Kita semua mendukung integritas Ukraina dan Georgia, tapi Azerbaijan dan Armenia disamakan, ini tidak dapat diterima," ujar Cavusoglu.

Pada 27 September, Baku (Azerbaijan), mengumumkan kontraofensif di Nagorno Karabakh karena menganggap Armenia telah melakukan serangan dan kekerasan di garis kontrol. Armenia menuding Baku melakukan serangan dan mereka menggelar mobiisasi penuh kekuatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement