Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Kaum Nabi Yunus yang Lolos dari Bencana Besar

Selasa 29 Sep 2020 15:07 WIB

Rep: Alkhaeledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Kaum Nabi Yunus yang Lolos dari Bencana Besar. Foto ilustrasi: Bangunan makam Nabi Yunus di Irak hancur akibat serangan ISIS pada 24 Juli lalu. (ilustrasi)

Kaum Nabi Yunus yang Lolos dari Bencana Besar. Foto ilustrasi: Bangunan makam Nabi Yunus di Irak hancur akibat serangan ISIS pada 24 Juli lalu. (ilustrasi)

Foto: EPA
Azab hampir menimpa kaum Nabi Yunus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penduduk di Ninawa, Kota Mosul, Irak yang menjadi daerah diutusnya Nabi Yunus, suatu hari merasakan ketakutan hebat. Anak-anak menangis, orang dewasa gemetaran melihat bencana besar yang sudah di depan mata. Awan tebal menutup langit dan matahari selama beberapa hari. Guntur menggelegar bersama kilatan petir yang tidak ada hentinya.

Seketika, penduduk mengingat ucapan Yunus beberapa hari sebelumnya, tentang azab besar bagi mereka yang tidak mau menuruti perintah Allah. Para tokoh masyarakat Ninawa tersadar bahwa bencana besar ini terjadi karena mereka tidak menghiraukan ajaran Tuhan yang didakwahkan Yunus.

Ketakutan akan bencana ini membuat warga Ninawa berbondong-bondong meninggalkan berhala mereka. Terduduk di tanah sambil menengadah ke langit meminta ampunan Allah.

Akhirnya, tanda-tanda azab yang hampir pasti melumat mereka, mengetuk kesadaran bertaubat kepada-Nya dan menyelamatkan semua penduduk  dari kebinasaan. Kisah ini diabadikan dalam Alquran, Surat Yunus ayat 98:

فَلَوْلَا كَانَتْ قَرْيَةٌ ءَامَنَتْ فَنَفَعَهَآ إِيمَٰنُهَآ إِلَّا قَوْمَ يُونُسَ لَمَّآ ءَامَنُوا۟ كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَابَ ٱلْخِزْىِ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَمَتَّعْنَٰهُمْ إِلَىٰ حِينٍ

"Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Tatkala mereka (kaum Yunus itu), beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu."

Nabi Yunus yang sebelumnya telah meningalkan Ninawa juga kembali lagi ke kaumnya. Lebih dari ratusan ribu kaum Yunus akhirnya beriman kepada Allah. Mereka juga diberi kenikmatan yang melimpah lebih dari sebelum bertaubat. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA