Selasa 29 Sep 2020 09:44 WIB

Ini Nomor Pelayanan Non Tatap Muka BPJS Kesehatan Sorong

Hadirnya layanan Pandawa dapat menjadi layanan alternatif yang memudahkan masyarakat

BPJS Kesehatan menghadirkan layanan Pandawa sebagai salah satu layanan alternatif yang memudahkan masyarakat.
Foto: BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan menghadirkan layanan Pandawa sebagai salah satu layanan alternatif yang memudahkan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Selama masa pandemi Covid-19 ini, BPJS Kesehatan selaku penyelenggaran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menghadirkan layanan non tatap muka. Ini dilakukan guna mempermudah peserta JKN-KIS mengakses kepesertaannya dari rumah tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Program Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) merupakan layanan dengan teknologi komunikasi melalui WhatsApp (WA) yang digunakan untuk mengurangi layanan tatap muka serta menekan jumlah kunjungan di kantor cabang yang membludak. Nantinya setiap kantor cabang akan menyediakan nomor kontak yang terhubung langsung melalui WA dan akan dibalas oleh petugas dari BPJS Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan kepesertaan JKN-KIS setiap peserta yang membutuhkan.

Baca Juga

“Untuk Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong sendiri, masyarakat Sorong dapat memanfaatkan layanan Pandawa dengan menghubungi nomor WA di 0812 4775 1731. Prosesnya cukup mudah, hanya perlu mengirimkan teks seperti biasa ke nomor tersebut, dan menunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan untuk layanan yang dibutuhkan,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong Ambar Permana, beberapa waktu lalu, seperti dalam siaran pers.

Lebih lanjut, Ambar menjelaskan layanan Pandawa tersebut diperuntukan bagi peserta JKN-KIS dengan layanan administrasi seperti daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

“Harapannya, dengan hadirnya layanan Pandawa ini dapat menjadi salah satu layanan alternatif yang memudahkan masyarakat khususnya peserta JKN-KIS di masa pandemi Covid-19 saat ini. Masyarakat dapat mengakses layanan tersebut mulai dari jam 08.00 sampai jam 15.00 sore untuk setiap hari kerja, kami optimalkan agar pelayanan Pandawa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Salma (45 tahun), yang telah merasakan manfaat layanan Pandawa, menyatakan sangat terbantu karena tidak perlu khawatir lagi untuk mengakses layanan JKN-KIS tanpa perlu keluar rumah.

“Informasi tentang layanan Pandawa ini sudah cukup meluas ke lingkungan saya, dan kemarin sudah saya coba. Saya melakukan pengajuan perubahan FKTP, dan Alhamdulillah diproses dengan cepat dan tanggap oleh petugasnya. Layanan ini sangat membantu,” ujarnya melalui pesan teks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement