Selasa 29 Sep 2020 05:51 WIB

Tiga Provinsi dengan Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi

Maluku Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara tertinggi dalam angka kesembuhan Covid.

Foto: Infografis Republika.co.id
Tiga Provinsi dengan Angka Kesembuhan Covid Tertinggi

REPUBLIKA.CO.ID, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta daerah-daerah dapat belajar dari tiga provinsi yang memiliki persentase kesembuhan tertinggi, yakni Maluku Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Utara.

 

Maluku Utara (Angka kesembuhan 89,71 persen)
 
Maluku Utara membagi penanganan pasien sejak awal di mana pasien gejala ringan ditempatkan di pusat karantina atau hotel dan pasien gejala berat ditempatkan di rumah sakit. Selain itu, Pemprov Maluku Utara juga selalu mendorong pasiennya untuk menjaga kebugaran fisik dan mengkonsumsi protein. Maluku Utara melakukan pendekatan kearifan lokal dan menjunjung slogan ‘jaga torang pe diri, jaga torang pe keluarga, jaga torang pe daerah’.

 

Gorontalo (Angka kesembuhan 87,19 persen)
 
Gorontalo melakukan pembedaan penanganan pasien gejala ringan dan berat. Selain itu, provinsi ini juga memberikan penambahan vitamin serta memberikan terapi pengelolaan stres dan olah raga pada pasien positif Covid di rumah sakit. Pemprov Gorontalo juga memberdayakan masyarakat hingga tingkat desa dengan membentuk desa tangguh Covid dan memantau pasien dalam isolasi mandiri.

 

Kalimantan Utara (Angka kesembuhan 86,09 persen)
 
Kalimantan Utara melakukan penguatan kapasitas pemeriksaan sehingga kasus dapat ditangani sejak dini. Selain itu, mereka juga meningkatkan jumlah laboratorium pemeriksaan dan memberikan dukungan pengadaan alat tes. Pemprov Kalimantan Utara juga mendisiplinkan warganya untuk menjalankan protokol kesehatan dengan ketat sehingga menjaga warga usia rentan dan penderita komorbid dari penularan Covid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement