Selasa 29 Sep 2020 02:27 WIB

Haute Couture Diyakini akan Terus Berkembang

Masa depan 'haute couture' atau adibusana diyakini masih panjang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Masa depan 'haute couture' atau adibusana diyakini masih panjang (Foto: ilustrasi)
Foto: Pikist
Masa depan 'haute couture' atau adibusana diyakini masih panjang (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adibusana alias haute couture diyakini akan terus berkembang. Profesor haute couture dari sekolah fashion Istituto Di Moda Burgo, Milan, Italia, Biagio Belsito, mengatakan masa depan adibusana masih panjang.

"Tidak akan pernah mati, karena haute couture adalah sesuatu yang spesial. Selalu ada cara untuk berekspresi," kata Biagio pada konferensi pers virtual menuju Milan Fashion Week 2020, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Adibusana yang diperkenalkan oleh perancang Inggris bernama Charles Frederick Worth itu merupakan teknik pembuatan pakaian tingkat tinggi. Busana dirancang khusus untuk pemesan, memakai bahan berkualitas terbaik.

Berbagai detail menghiasi busana yang dikerjakan dengan tangan ini sehingga pembuatannya memakan waktu lama. Bagi Biagio, merancang konsep hingga mewujud busana dan sukses diperagakan sangat magis, seperti merawat bayi.

Biagio menyampaikan sejumlah tantangan merancang haute couture. Perancang busana harus menyajikan sesuatu yang istimewa, konsep yang menarik, aspek mengejutkan yang tidak pernah dilihat orang lain sebelumnya.

Dia turut mengomentari jenama asal Indonesia, Maquinn Couture, yang berhasil melenggang ke Milan Fashion Week 2020. Biagio mengapresiasi apa yang dilakukan kedua creative director label, Janice dan Benita Setyawan.

Inisiatif mereka memadukan batik serta ornamen khas Indonesia dalam gaya busana khas Eropa dianggap Biagio sebagai sebuah ide segar. "Maquinn merepresentasikan sesuatu yang spesial dari Indonesia, dengan sentuhan tradisional pada busananya," kata dia.

Maquinn Couture menampilkan koleksi bertajuk "Pilgrimage" pada Milan Fashion Week 2020. Terdapat 10 look perpaduan batik dalam balutan gaun indah dengan berbagai motif, warna, dan corak indah yang mengesankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement