Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Purwakarta Kembangkan Varietas Padi Jenis Terabas

Senin 28 Sep 2020 21:07 WIB

Red: Agung Sasongko

Panen padi (ilustrasi)

Panen padi (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Padi jenis tarabas tersebut adalah kelompok japanica.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengembangkan varietas padi baru. Varietas ini memiliki mutu beras japonica premium dengan nama varietas Tarabas.

Bupati setempat Anne Ratna Mustika mengatakan luas areal sawah di daerahnya mencapai 23 hektare. Sebagian lahannya ditanami varietas terbaru, yakni varietas tarabas.

Baca Juga

Padi jenis tarabas tersebut adalah kelompok japanica yang induknya merupakan beras dari Jepang.

"Dengan adanya gaya hidup, kebutuhan dan konsumsi pasar yang besar, itu harus ditangkap oleh para petani dengan menggunakan varietas terbaru yang," katanya.

Tarabas memiliki keunggulan pada mutu beras yang sangat baik dan memenuhi standar beras japonica premium sehingga dapat menjadi subtitusi impor beras tipe japonica.

Varietas ini memiliki kadar amilosa yang rendah (17 persen) dan tergolong sebagai sticky rice sehingga nasinya dapat disantap dengan menggunakan sumpit.

Kelebihan lain dari varietas ini adalah tahan terhadap beberapa ras penyakit blas dan agak tahan penyakit tungro, dua penyakit penting yang sering mengganggu pertanaman padi sawah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA