Senin 28 Sep 2020 16:35 WIB

Hilary Swank Alami Klaustrofobia Saat Syuting Serial 'Away'

Hilary Swank alami klaustrofobia ketika berperan sebagai astronot di 'Away'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Hilary Swank alami klaustrofobia ketika berperan sebagai astronot di 'Away' (Foto: Hilary Swank)
Foto: Flickr
Hilary Swank alami klaustrofobia ketika berperan sebagai astronot di 'Away' (Foto: Hilary Swank)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Setiap proyek film atau serial bisa memberikan pengalaman tak terlupakan bagi aktor atau aktris yang berperan di dalamnya. Pengalaman itu bisa jadi menyenangkan, atau malah menyengsarakan, seperti yang dialami aktris Hilary Swank.

Pemenang dua kali gelar aktris terbaik di Piala Oscar itu menceritakan pengalamannya saat syuting serial Netflix terbaru berjudul Away. Drama berlatar luar angkasa tersebut membuat Swank mengalami klaustrofobia yang sebelumnya tak pernah dia idap.

Baca Juga

Pada sebuah unggahan Instagram, Swank menceritakan pengalamannya ketika awal merasakan fobia. Perempuan 46 tahun itu memerankan sosok astronaut bernama Emma Green, sehingga otomatis Swank harus mengenakan baju luar angkasa untuk perannya.

Saat itulah, klaustrofobia atau rasa takut berlebihan terhadap tempat tertutup melanda Swank. Sang aktris cukup terkejut karena seumur hidup dia tidak pernah memiliki fobia apapun, bahkan selalu meyakini rasa takut bisa dihindari.

 

"Sampai pada satu titik, seluruh tubuh saya basah kuyup oleh keringat dalam 30 detik, wajah saya seperti tomat masak. Saya hampir pingsan saat pertama kali mencoba pakaian dan helm luar angkasa untuk pertama kalinya," kata Swank.

Dia menjelaskan bahwa pengalamannya menyerang mental dan fisik, tetapi mencatat bahwa aspek mental memiliki lebih banyak kendali atas situasi seperti itu. Sampai enam bulan kemudian, Swank belum bisa mengatasi fobianya.

Perempuan yang pernah membintangi film P.S. I Love You itu berusaha memahami apa yang dia rasakan. Swank menenangkan pikiran, duduk dan menerima bahwa ketakutannya memang nyata, tidak mencoba mendorongnya pergi.

Menurut Swank, terlibat dalam serial Away menjadi pelajaran yang sangat penting baginya sehingga dia ingin membagikan ceritanya kepada banyak orang. Pada unggahan foto di Instagram, dia menambahkan tagar #WeAreNeverInThisAlone dan #Away.

"Saya berharap dengan berbagi ini, kalian tidak merasa sendirian dalam pengalaman apa pun yang mengambil alih pikiran dan tubuh. Bersabarlah dengan dirimu sendiri," ungkapnya, seperti dikutip dari laman Fox News, Senin (28/9).

Curhatan Swank segera mendapat komentar bernada menyemangati dari rekan sesama aktris maupun warganet pengikutnya di Instagram. "Saya merasa sangat diberkati bisa melihat cara Anda bekerja," kata Vivian Wu, lawan main Swank dalam serial Away.

Aktris sekaligus komedian Chelsea Handler juga urun komentar, dengan mengatakan, "Tidak sabar untuk menonton, sayang!". Sementara, mayoritas penggemar Swank memuji keterbukaan Swank dan caranya berdamai dengan fobia yang dia miliki.

"Kau bisa membuat penonton merasa dirimu memang dilahirkan untuk memakai pakaian luar angkasa itu! Performa yang menakjubkan dan bahkan lebih hebat sekarang karena mengetahui hal itu mengganggumu pada setiap adegan," tulis seorang warganet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement