Ahad 27 Sep 2020 10:08 WIB

Ini Strategi Jitu Jadi Mahasiswa Berprestasi

Pusat Prestasi STMIK Nusa Mandiri mengisi Seminar SINERGI.

Risca Lusiana Pratiwi  MKom, dari Pusat Prestasi Nusa Mandiri membeberkan strategi jitu menjadi mahasiswa berprestasi kepada mahasiswa baru STMIK Nusa Mandiri tahun kuliah 2020/2021.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Risca Lusiana Pratiwi MKom, dari Pusat Prestasi Nusa Mandiri membeberkan strategi jitu menjadi mahasiswa berprestasi kepada mahasiswa baru STMIK Nusa Mandiri tahun kuliah 2020/2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Prestasi STMIK Nusa Mandiri sukses menggelar Seminar SINERGI dengan tema yang bertajuk ‘Strategi Menjadi Mahasiswa Berprestasi yang Mandiri Melalui Kegiatan Pusat Prestasi". Acara ini digelar pada Kamis, (24/09) secara daring via Zoom dengan manghadirkan pembicara Risca Lusiana Pratiwi  MKom.  

Sebagai sebuah Tim yang bertanggung jawab akan prestasi mahasiswanya, Pusat Prestasi STMIK Nusa Mandiri membeberkan strategi jitu agar bisa menjadi mahasiswa berprestasi. 

“Jangan takut untuk belajar dan jangan takut jatuh serta libatkan diri sesering mungkin dengan orang dan lingkungan yang positif, aktif di organisasi sesuai passion, punya tujuan jelas, berpikiran terbuka, manfaaatkan teknologi, berdoa, dan terakhir ikuti semua kegiatan/lomba yang ada di Pusat Prestasi,”  beber Risca seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Risca menuturkan bahwa prestasi mahasiswa tak hanya diukur dari akademik saja, tapi juga non-akademik  yang harus ditonjolkan. Banyak kegiatan yang dapat menampung prestasi mahasiswa mulai dari  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) hingga Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi & Komunikasi (Gemastik).

“Salah satunya PKM, merupakan program di mana mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif pada bidang ilmu yang ditekuni dalam bentuk karya ilmiah. Contohnya Sunarna dan temannya dari Prodi Sistem Informasi, yang pernah berhasil meraih pendanaan Hibah PKM dari Pemerintah ,” ujarnya. 

photo
prestasi mahasiswa tak hanya diukur dari akademik saja, tapi juga non-akademik yang harus ditonjolkan.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Sedangkan di bidang teknologi, Kemendikbud juga menyediakan Gemastik yang memiliki beberapa kategori atau cabang yang dilombakan, di  antaranya Pemrograman  (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City), Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development) dan lainnya. 

Setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk ikut serta dan meraih prestasi. Karena modal dasar yang di perlukan adalah kemauan dan minat yang tinggi, sehingga skill dapat di asah dan di tingkatkan.

“Semoga dengan diselenggaraknnya webinar dengan tema strategi menjadi mahasiswa berprestasi, dapat memotivasi dan memberikan gambaran serta pencerahan bagi mahasiswa khususnya mahasiswaa baru STMIK Nusa Mandiri yang baru bergabung,” tutup Risca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement