Ahad 27 Sep 2020 04:29 WIB

Peran Penting Masjid Saat Pandemi

Masjid dapat menjadi fasilitator untuk mengedukasi masyarakat terkait Covid-19

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Abul A'la Al Maududi, mengatakan, masjid memiliki peran penting di masa pandemi Covid-19. Masjid dapat menjadi fasilitator untuk mengedukasi masyarakat.

"Masjid memiliki peran yang sangat penting, dalam kondisi sekarang masjid masih bisa berbagi. Masjid juga dapat menjadi fasilitator edukasi," kata Ustaz lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, dalam kajian yang disampaikan secara daring pada Sabtu (26/9).

Namun ia menyayangkan masih ada jamaah masjid yang tidak memakai masker. Bahkan ada Ustaz dengan pengetahun minim, menyatakan bahwa covid-19 hanya sesuatu yang mengada-ada.

"Penyakit ini ada dan mematikan. Bukan hanya terjadi di satu tempat tapi seluruh dunia," ucapnya.

Ia mengingatkan, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 200 ribu kasus dengan kasus kematian lebih dari 10.000. Ia pun meminta agar umat lebih waspada.

"Satu nyawa luar biasa di sisi Allah, kita yang masih diberikan nafas, maka ini kita jaga. Allah sudah katakan musibah, pada surat At Taubah ayat 51. Maka sempurnakanlah ikhtiar kita," kata Abul.

Dia juga menekankan agar masyarakat mematuhi aturan 3M, yakni menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan memakai sabun, dan menjaga jarak minimal satu meter. Kemudian juga menghimbau agar masyarakat memakai masker dengan benar, yaitu menutup hingga hidung, dan jangan meletakkan masker di dagu.

"Cuci tangan yang benar, menjaga jarak, dan sabar, karena Allah memberikan ada kesulitan ada kemudahan. Memang sabar itu susah, apalagi ekstra sabar. Penting untuk ingatkan sesama, menyampaikan edukasi. Jangan nekat dan yakin sehingga kita akan hidup normal," ucap Abul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement