Sabtu 26 Sep 2020 18:25 WIB

Kalahkan Messi-CR7, Pele Masih Pesepak Bola Terbaik di Dunia

France Football secara retrospektif menyerahkan tujuh Ballon d'Or kepada Pele.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Legenda Brasil Pele
Foto: Reuters/Paulo Whitaker
Legenda Brasil Pele

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mungkin menjadi pemain terhebat dekade ini. Keduanya kerap naik turun panggung penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir Sportskeeda, Sabtu (26/9), akan tetapi kesuksesan Messi pun Ronaldo masih dinilai tak bisa menandingi kehebatan legenda Brasil, Pele. Pasalnya, Pele merupakan salah satu pemain dalam sejarah sepak bola yang sukses menjuarai ajang Piala Dunia tiga kali berturut dengan timnas Brasil.

Di sisi lain, Pele juga sukses memegang banyak rekor sebagai pencetak gol terbanyak. Meskipun di era modern, Lionel Messi dan Ronaldo telah menggengam 11 penghargaan Ballon d'Or, pun mendominasi sepak bola dunia selama lebih dari satu dekade dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Lionel Messi memegang rekor untuk memenangkan mahkota Ballon d'Or paling banyak dengan enam trofi pada Desember 2019. Ronaldo, di sisi lain, telah memenangkannya lima kali dan CR7 masih bisa melakukannya lagi di tahun-tahun mendatang.

Hingga akhir 1990-an, Ballon d'Or hanya untuk orang Eropa, karena itu Pele pensiun tanpa mendapatkan hadiahnya. Namun, penghargaan itu dibuat global pada tahun 1995 dan beberapa pemain Amerika Selatan telah mendapatkan trofi sejak saat itu. Lionel Messi menjadi nama yang menonjol dalam daftar.

Pada tahun 2016, France Football melakukan evaluasi ulang secara internasional dan mengakui bahwa jika penghargaan tersebut telah mendunia selama karier bermain Pele, pemain legendaris Brasil itu akan mendapatkan tujuh penghargaan Ballon d'Or. Itu menjadikannya pemain yang paling dihormati dari semuanya.

France Football bahkan secara retrospektif menyerahkan Ballon d'Or kepada Pele untuk tahun 1958, 1959, 1960, 1961, 1963, 1964, dan 1970. Sementara orang-orang seperti Diego Maradona, Garrincha, Romario, dan Mario Kempes bergabung dengannya dalam daftar pemenang kehormatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement