Sabtu 26 Sep 2020 09:08 WIB

Persib Nomaden Tanpa Rencana

Persib Bandung akan menjalani dua laga tandang beruntun.

Rep: Hartifiany Praisa/ Red: Agung Sasongko
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (15/9).
Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (15/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan menjalani dua laga tandang beruntun. Setelah menghadapi Madura United pada Ahad (4/10), Persib akan menghadapi Barito Putera pada Sabtu (10/10).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menyebut timnya tidak akan kembali ke Bandung. Persib akan nomaden meski tanpa rencana jelas.

Baca Juga

"Saat ini kami belum mempunyai ide dimana kami akan berlatih dan kami masih akan melihat bagaimana kemungkinannya," kata Robert dalam wawancara daring, Jumat (25/9).

Robert mengakui Persib tidak bisa berdiam di Yogyakarta mengingat banyak tim yang bermarkas disana. Ketika Persib membutuhkan latihan, tentu bisa saja Persib harus berbagi lapangan dengan tim lain.

"Yang tidak kalah penting kami memilih hotel yang mempunyai area yang luas. Jika kami tidak bisa berlatih di lapangan, kami bisa berlatih di hotel di area yang hijau, setidaknya kami bisa berlatih ringan seperti pemanasan," tegas Robert.

Robert mengakui baik operator maupun federasi belum ada aturan soal nomaden. Termasuk fasilitas latihan dan hotel bagi tim tamu.

"Tentu sehari jelang pertandingan (melawan Barito Putera) kita latihan resmi di stadion. Jadi kita lakukan perjalanan dari Madura dan keesokan harinya kita pemulihan. Dengan begitu kita bisa menghindari masalah kesulitan lapangan," kata Robert.

Padahal permintaan pelatih asal Belanda ini mudah, hanya meminta lapangan. Namun Robert tidak tahu jawaban atas pertanyaannya. Termasuk ketika ditanya bagaimana cara membuat pemain tetap merasa nyaman di luar Bandung.

"Saya juga punya pertanyaan yang sama, jadi saya belum bisa menjawab itu," kata Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement